Plengsengan Sungai Kambengan Ambrol

Pasuruan (Kabarpas.com) – Plengsengan sungai Kambengan di Desa Carat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan ambrol, akibat terkikis oleh derasnya arus air. Ambrolnya plengsengan tersebut terjadi pada Senin (15/02/2016) malam kemarin.

“Sejak Senin tadi malam, plengsengan itu sudah ambrol. Sebab kemarin hujannya memang sangat deras sekali,” ujar Rahmat, salah satu warga kepada Kabarpas.com. Selasa, (16/02/2016).

Sementara itu, pantauan Kabarpas.com. plengsengan batu kali tersebut nampak ambrol dan terkikis sepanjang 50 meter-an. Kondisi tersebut sangat membahayakan karena tepat di atas plengsengan, terdapat beberapa rumah warga yang kondisinya mepet ke bantaran sungai.

Selain plengsengan sungai yang ambrol, tepian bibir Sungai Kambengan yang berada di sisi sebelah utara jembatan Kejapanan tersebut juga mengalami longsor. Bahkan, longsoran tepi anak Sungai Brantas yang menuju ke Sungai Porong itu terlihat sepanjang puluhan meter.

Diduga kuat derasnya arus Sungai Kambengan yang terjadi pada Senin malam kemarin tersebut, sangat kuat sehingga mengikis tanah di tepian sungai dan pondasi plengsengan. (jon/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *