Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Pasuruan · 28 Des 2015 12:29 WIB ·

Antisipasi Bencana Alam, Pemkab Pasuruan Gelar Apel Siaga


Antisipasi Bencana Alam, Pemkab Pasuruan Gelar Apel Siaga Perbesar

Pasuruan (Kabarpas.com) – Memasuki musim penghujan yang biasanya identik dengan terjadinya bencana alam. Yakni, seperti banjir, tanah longsor hingga puting beliung. Membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan langsung bergerak untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam tersebut, yaitu dengan cara menggelar Apel Kesiapsiagaan bencana.

Apel Kesiapsiagaan bencana itu sendiri berlangsung di Lapangan Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Senin (28/12/2015) pagi. Dan dipimpin langsung oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf.

Dalam apel tersebut, diikuti oleh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Pasuruan. Dan diikuti oleh sejumlah anggota TNI, POLRI, BPBD, TAGANA, PMI, LINMAS, SATPOL PP, dan para relawan siaga bencana.

Pada kesempatan itu, Bupati Irsyad Yusuf menyampaikan dalam sambutannya, agar semua pihak harus siap siaga dalam menghadapi terjadinya bencana alam, yang datang secara tiba-tiba.

“Semuanya harus siap siaga, baik personil maupun peralatannya. Karena bencana alam terjadinya sewaktu-waktu, sehingga penanganan terhadap bencana tersebut harus cepat dan terkoordinasi,” kata Bupati Irsyad dalam sambutannya.

Lebih lanjut Irsyad menambahkan, kalau penanganan bencana alam itu merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. “Namun Pemkab Pasuruan telah memfasilitasi semua sarana, prasarananya, logistik bencana, evakuasi, dan permasalahan pasca bencana,” imbuhnya.

Meski begitu, ia mengatakan, bahwa untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam. Maka yang diperlukan adalah kesadaran masyarakat, untuk menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. Selain itu, Irsyad pun juga memerintahkan kepada dinas terkait, agar melakukan koordinasi terkait bencana erupsi Gunung Bromo yang saat ini terjadi.

“Saya minta kepada Dinkes dan BPBD agar selalu menyediakan serta menyiapkan masker. Selain itu untuk daerah yang terdampak erupsi Gunung Bromo, agar selalu dipantau aktivitas dan perkembangan peningkatan erupsinya,” pungkasnya. (ajo/gus)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan Ke-337 Berlangsung Spektakuler

8 Februari 2023 - 22:32 WIB

KOMPAK Desak Kejari Buka Kembali Kasus Mark Up Pembelian Lahan Kantor Kecamatan Panggungrejo

23 Januari 2019 - 23:32 WIB

Pasca Ledakan Surabaya, Kantor Samsat Kabupaten Pasuruan Perketat Keamanan

14 Mei 2018 - 11:00 WIB

Menikmati Lezatnya Rawon Nguling

9 April 2018 - 07:22 WIB

Sungai Dayang, Potensi Wisata Kabupaten Pasuruan yang Belum Dilirik

1 April 2018 - 17:42 WIB

Wow!! Pemain Utama Film TTM Akan Sapa Penggemarnya di Malang dan Surabaya

22 Maret 2018 - 09:27 WIB

Trending di Berita Pasuruan