Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Sidoarjo · 16 Okt 2017 15:44 WIB ·

Warga Desa Tanjek Wagir Dapat Bantuan 40 Mesin Pengusir Hama Tikus


Warga Desa Tanjek Wagir Dapat Bantuan 40 Mesin Pengusir Hama Tikus Perbesar

Reporter : Kholid

Editor : Kholid Andika

________________________________________________________________________

Sidoarjo (Kabarpas.com) – Warga Desa Tanjek Wagir Kecamatan Krembung Sidoarjo, nampak semeringah saat mendapatkan bantuan berupa alat pengusir hama dan tikus. Sedikitnya ada 40 unit mesin ultrasonik pengusir hama dan tikus itu diberikan kepada petani di desa setempat. Bantuan itu merupakan hasil kerjasama Komisi VII DPR RI dan Kementerian Ristek dan Dikti RI.

Bantuan tersebut langsung diserahkan kepada para petani yang hadir dalam acara sosialisasi bertema Pengembangan Produktivitas Pertanian Melalui Pemberantasan Hama Berbasis Gelombang Ultrasonik dalam Rangka Mendukung Kemandirian dan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Sidoarjo.

Kepala Desa (Kades) Tanjek Wagir Nur Anas mengatakan, di desanya memang masih banyak lahan pertanian. Dan mayoritas warga setempat bercocok tanam. “Ini suatu kehormatan. Karena di desa ini memang daerah masih masuk zona hijau dan statusnya lahan produktif untuk pertanian. Ini suatu hikmah dengan adanya sosialisasi teknik bercocok tanam yang baik, karena mayoritas warga di desa ini bercocok tanam,” kata Nur Anas, Senin (16/10/2017).

Anas menambahkan, belum lama ini desanya juga pernah mendapatkan bantuan gerobak sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Bantuan tersebut juga berkat koordinasi dengan Wakil Komisi VII DPR RI H Syaikhul Islam Ali.

“Dengan adanya bantuan di desa ini merupakan berkah dan rahmat. Karena baru-baru ini Desa Tanjek Wagir juga mendapatkan bantuan gerobak kebersihan. Oleh sebab itu kita patut berterima kasih kepada Gus Syaikhul,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan Kementerian Ristek dan Dikti Kholid Fathoni mengatakan, Kementerian Riset dan Dikti mempunyai banyak program, bagaimana di dunia kampus bisa menghasilkan produk yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Kali ini membuat suatu alat untuk mengusir hama dan tikus. Ada sekitar 40 alat.

“Kami berharap mesin pengusir hama ini bisa bermanfaat bagi petani. Karena hasilnya sangat memadai. Kami sudah melakukan uji coba yakni dua tikus ketika mendengar alat ini, satu tewas dan satunya teler. Bukan hanya tikus, tapi nyamuk juga bersih. Semoga dengan alat ini bisa membantu petani utamanya dalam memberantas hama tikus atau serangga lainnya,” harap Kholid Fathoni.

Acara sosialisasi ini dihadiri para petani Desa Tanjek Wagir, Babinsa dan Babinkamtibmas setempat dan rencananya dihadiri Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Syaikhul Islam Ali. Namun karena ada halangan, putra pemangku pesantren Bumi Sholawat itu tidak bisa hadir karena ada halangan. (lid).

 

Artikel ini telah dibaca 104 kali

Baca Lainnya

Kenali 7 Fitur Unggulan ASUS Vivobook S14 S5406: Laptop Bisnis dengan Segudang Kecanggihan

16 Juli 2024 - 13:02 WIB

Wawancara Eksklusif Kabarpas dengan Trio Pendiri WoiLo, Medsos Karya Anak Bangsa yang Go International (Part-I)

28 Maret 2024 - 19:43 WIB

Layanan Link Shortener dan Bio Link Asli Indonesia S.id Kini Tembus 1 Juta Pengguna

30 Januari 2024 - 20:34 WIB

Cocok Digunakan untuk Para Pekerja Multitasking, Ini Dia Laptop Asus Zenbook S13 OLED UM5302

13 Desember 2023 - 14:57 WIB

Tunjukkan Loyalitas dan Soliditas, 34.377 Bikers Honda Bersatu di HBD 2023

29 Oktober 2023 - 23:42 WIB

Ultah Kabarpas ke-9 Digelar di Hotel Luminor Sidoarjo, Simak Kemeriahannya

29 Oktober 2023 - 19:47 WIB

Trending di Kabar Sidoarjo