Tuntut Bupati Cabut SK Pemberhentian Kades Candiwates, Ratusan Warga Geruduk Kantor Pemkab Pasuruan

Pasuruan (Kabarpas.com) – Ratusan warga Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan menggeruduk kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan, di jalan Hayam Wuruk Kota Pasuruan. Mereka menuntut kepada Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf supaya mencabut SK pemberhentian Kepala Desa (Kades) mereka bernama Sueb.

Pantauan Kabarpas.com mereka datang ke Kantor Pemkab Pasuruan dengan menggunakan sejumlah truk, pikap, dan sepeda motor. Sesampainya di depan Kantor Pemkab Pasuruan, beberapa orang dari perwakilan warga ini kemudian berorasi di depan ratusan warga lainnya.

“Kades dipilih oleh masyarakat, bukan dipilih oleh Bupati,” ucap salah seorang warga saat berorasi di atas bak belakang truk yang kosong tanpa muatan.

Menurut Khusaeri, salah satu warga mengatakan, selama memimpin roda pemerintahan di desanya, Sueb dikenal warga setempat sebagai sosok Kades yang baik dan bertanggung jawab. “Untuk itu kami hanya ingin pak Sueb tetap jadi Kades. Dan tak ada yang bisa menggantikannya,”ucapnya.

Dijelaskan, selama menjadi Kades Candiwates Sueb dinilai oleh warga setempat mampu menjalankan pemerintahan desa setempat dengan sangat bagus dan sejumlah kegiatannya pun juga pro terhadap rakyat. Hal itulah yang membuat warga setempat berusaha untuk tetap mempertahankannya sebagai Kades.

“Kami akan memperjuangkan pak Sueb agar bisa kembali memimpin desa. Dan apabila Bupati tak mencabut SK pemberhentian itu, maka kami akan berdemo ke DPRD Provinsi untuk mengadukan hal ini kepada dewan di provinsi,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Sementara itu dalam aksi ratusan warga ini mendapat pengawalan ketat puluhan petugas dari Satpol PP Kabupaten Pasuruan dan Polisi dari Mapolres Pasuruan Kota. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *