Tahun 2016, Tiap Desa di Kabupaten Pasuruan Dapat Gelontoran Dana Rp 1,12 milyar

Pasuruan (Kabarpas.com) – Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, pemerintah pusat terus menaikkan anggaran guna pengembangan desa-desa di seluruh Indonesia. Bahkan, untuk tahun 2016 mendatang, anggaran di masing-masing desa yang ada di Kabupaten Pasuruan mencapai Rp 1,12 milyar.

“Kami berharap dana ini bisa untuk pengembangan kesejahteraan rakyat. Dan kami minta anggaran sebanyak itu, supaya tiap kepala desa bisa fokus terhadap penyerapan dana tersebut,” kata Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro, saat melakukan sosialisasi kebijakan dana desa di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Kamis, (10/12/2015).

Dijelaskannya, dana sebesar Rp 1,12 milliar yang akan diterima oleh masing-masing desa. Yakni, terdiri dari tiga sumber. Pertama dari Dana Desa (DD) yang berasal dari APBN, nilainya mencapai Rp 632,35 juta/desa.

“Kemudian, Alokasi Dana Desa (ADD) yang berasal dari APBD Kabupaten Pasuruan yang nilainya mencapai Rp 426,44 juta/desa. Ditambah lagi dari dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah yang nilainya mencapai Rp70,86 juta/desa. Saya minta kepala desa bijak mengelola dana desa tersebut,” ucapnya.

Menurutnya, mengelola dana desa yang mencapai milyaran rupiah tersebut, bukan hanya menjadi tanggung jawab keuangan, tapi juga tanggung jawab moral.

“Kepala desa punya kuasa penuh dalam pengelolaan dana desa. Untuk menghindari permasalahan administrasi dan pidana, Kemendagri sudah menyiapkan aparaturnya sampai diklat desa, demikian pula Kemendes juga menyiapkan pendamping desa,” pungkasnya. (jon/tin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *