Satlantas Polres Pasuruan Kota Gelar Patroli Sahur

Pasuruan (Kabarpas.com) – Berbagai cara dilakukan umat muslim untuk memperbanyak ibadah di bulan suci ramadan. Kesempatan ini juga yang dimanfaatkan oleh petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasuruan Kota, untuk menggelar kegiatan patroli sahur.

Berbekal drum band dengan menaiki mobil ranger patroli, puluhan orang bersongkok putih dengan seragam polisi itu mengelilingi Kota Pasuruan, gunaa membangunkan warga untuk bersantap sahur.

Patroli sahur yang dilakukan oleh puluhan polisi itu sendiri dimulai dari depan kantor Mapolres Pasuruan Kota, tepatnya di Jalan Gajah Mada, kemudian menyusuri sepanjang Jalan Panglima Sudirman, Jl. Wahidin Selatan hingga Jl. Wahidin Utara. Selanjutnya menuju ke Jalan Raya Soekarno-hatta, Jl. Niaga, dan akhirnya kembali ke tempat pemberangkatan, yaitu di Mapolres setempat.

Aksi sejumlah petugas itu sontak mengagetkan warga yang mengira Polisi hendak melakukan razia. Namun, kekagetan warga berubah senyuman setelah melihat para Polisi mahir memainkan beduk dan drum band. Bahkan, ratusan pengendara rela menghentikan kendaraannya demi melihat aksi Patrol sahur Satlantas Polres Pasuruan Kota tersebut.

“Dengan adanya patrol sahur ini kami menjadi nyaman, tidak perlu khawatir bangun untuk melakukan makan sahur. Disamping itu adanya Patrol Sahur ini juga meminimalisir aksi balap liar,” kata Sufaat, salah satu warga kepada Kabarpas.com.

Sementara itu, Wakapolres Pasuruan Kota, Kompol Herlina S.I.K, saat ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, patroli sahur tersebut diikuti oleh anggota Satlantas yang sedang piket jaga, anggota Satuan reserse kriminal (Satreskrim), dan juga Shabara.

“Selain berniat ibadah membangunkan kaum muslim untuk sahur, patroli sahur ini juga bertujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat. Patroli sahur ini terus kami gelar tiap malam hingga h-1 lebaran. Dari kegiatan ini harapan kami masyarakat bisa merasa aman dan nyaman. Sehingga dapat mengisi bulan ramadan dengan amal kebaikan,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Hal senada juga ditambahkan oleh Kasatlantas Polres Pasuruan Kota, AKP Endro Abrianto melalui Kaur Reg Ident (KRI.Red) Iptu Zainudin. Ia mengatakan, kalau patroli sahur ini untuk mengantisipasi adanya balapan liar di kawasan Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Wahidin.

“Balapan liar ini biasanya terjadi menjelang dan usai sahur. Untuk itu setiap jelang dan usai sahur, patroli akan lebih ditingkatkan lagi guna mengantisipasi adanya balapan liar,” pungkasnya. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *