Pemkab Pasuruan Abadikan Mbah Arif Segoropuro sebagai Nama Gedung

Pasuruan (Kabarpas.com) – Sayyid Arif bin Abdurrahman Basyaiban atau yang lebih dikenal dengan Mbah Arif Segoropuro, merupakan satu di antara ulama terpenting dalam sejarah penyebaran Islam di wilayah Pasuruan dan sekitarnya di sekitar abad XVIII.

Untuk menghormati jasa perjuangan ulama keturunan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati tersebut. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan telah mengabadikan nama Mbah Arif Segoropuro untuk salah satu gedung yang ada di Pemkab setempat.

“Pemerintah Kabupaten Pasuruan sangat menghargai atas jasa-jasa perjuangan beliau (Mbah Arif.red), yang telah menyebarkan agama Islam di wilayah Pasuruan. Oleh karena itu, salah satu gedung Pemkab Pasuruan kami beri nama menjadi gedung Sayid Arif dan gedung Segoropuro,” kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf dalam sambutannya saat menghadiri Haul Mbah Arif Segoropuro. Sabtu, (19/03/2016).

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Bupati juga menyampaikan bahwa pihak Pemkab Pasuruan akan selalu mendukung, dengan adanya pelaksanaan Haul ulama yang memiliki karomah sejak kecil tersebut.

“Dalam kesempatan ini saya ingin sampaikan bahwa haul ini harus tetap berjalan sampai kapan pun. Karena beliau adalah sebagai waliyullah, ulama, dan salah satu tokoh dalam penyebaran agama Islam di wilayah Pasuruan,” terangnya.

Sementara itu, seperti dikabarkan sebelumnya. Haul Mbah Arif Segoropuro menjadi magnet tersendiri bagi umat Islam dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka berduyun-duyun menghadiri haul yang rutin dilaksanakan tiap tahun tersebut. Bahkan, sejumlah ulama, habaib, dan penjabat turut serta dalam menghadiri haul Mbah Arif Segoropuro. Mereka diantaranya yaitu Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, dan sejumlah Muspika Rejoso. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *