Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Teras · 10 Nov 2014 04:54 WIB ·

Pemasangan Pipa Gas Picu Kemacetan Jalan Raya Kejayan – Purwosari


Pemasangan Pipa Gas Picu Kemacetan Jalan Raya Kejayan – Purwosari Perbesar

Kejayan (Kabarpas.com) – Pemasangan pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jl Raya Kejayan hingga Purwosari, Kabupaten Pasuruan yang berlangsung sekitar tiga bulan terakhir, dikeluhkan warga. Pasalnya, pemasangan pipa yang tidak beruntut dan dikerjakan berlompatan tersebut, justru memicu kemacetan arus lalu lintas yang terjadi di sejumlah titik.

“Mereka mengerjakannya tidak runtut pada satu titik yang berkelanjutan. Mereka selalu mengerjakan dengan lompatan-lompatan di titik tertentu,” ucap Muhammad, warga Desa Sudan Kecamatan Wonorejo, kabupaten setempat, kepada Kabarpas.com, Senin, (10/11/2014).

Pantauan Kabarpas.com di lokasi, pengerjaan dan pemasangan pipa gas yang dilakukan pihak pelaksana tersebut memang tidak dilakukan secara runtut. Bahkan terlihat sejumlah titik yang sudah tergali itu, masih belum di pasang pipa gasnya. Sehingga terkesan sengaja ditelantarkan begitu saja. Malahan sejumlah pekerja justru mengerjakan titik yang lainnya.

“Tanah bekas galian itu dibiarkan sedemikian rupa di tepian jalan. Sehingga jalan semakin menyempit. Padahal arus kendaraan terus semakin ramai,” ujar M Rouf warga Purwosari.

Sementara itu di tempat terpisah, Humas PT PGN Jawa Timur, Krisdian Widagdo Adhi, saat dikonfirmasi menyampaikan permintaan maafnya jika pengerjaan pemasangan pipa gas tersebut mengganggu arus lalu lintas. Pihaknya berjanji akan terus berupaya mempercepat pemasangan pipa untuk pemenuhan gas sejumlah perusahaan di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Saat ini kami tengah mempercepat pemasangan pipa gas itu, agar tidak terjadi kemacetan. Bahkan saat bekerja kami melengkapi dengan berbagai rambu-rambu peringatan, agar pengguna jalan berhati-hati. Kami mohon maaf jika pemasangan ini mengganggu lalu lintas dan jalan warga,” kata Krisdian.

General  Manager  PGN  SBU  Distribusi Wilayah II, Wahyudi Anas menambahkan, pemasangan pipa gas ini merupakan bagian dari pengembangan infrastruktur  ke  wilayah-wilayah  baru di Jawa Timur, yaitu sepanjang  72  kilometer.  Pemasangan tersebut terdiri dari tiga tahap. Yakni, meliputi tahap pertama sepanjang 15 kilometer  dengan  ukuran  pipa 10  inchi  di  wilayah  Pasuruan dari  Kejayan  hingga Purwosari.

Dan di tahap kedua yaitu berada di wilayah Sidoarjo dari Kalisogo hingga Waru, sepanjang 30 kilometer dengan pipa sebesar 16 inchi. Sedangkan di tahap ketiga yaitu di wilayah Kediri dari Jetis hingga Ploso, sepanjang 27 kilometer dengan pipa sebesar 16 inchi.

“Pengembangan  infrastruktur  ini penting  bagi  Jawa  Timur  untuk  memeratakan  dan meningkatkan  konsumsi  gas  bumi  bagi  peningkatan  daya  saing  produk  maupun  industri. Dengan  pipanisasi ini, akan ada pembukaan industri-industri  baru  serta  pertumbuhan  ekonomi  di  wilayah Pasuruan,  Sidoarjo, Jombang dan Mojokerto, yang tentunya itu akan berdampak  positif  terhadap  kesejahteraan masyarakat di wilayah setempat,” pungkasnya. (ajo/sym).

 

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Cerdas Berdemo, Mahasiswa Harus Tingkatkan Reponsif Membaca dan Diskusi

27 September 2019 - 09:42 WIB

Tips Menambah Daya Ingat

19 Desember 2018 - 12:55 WIB

Inilah 5 Tips Aman Pencopet Saat Libur Lebaran

18 Juni 2018 - 16:15 WIB

Sungai Dayang, Potensi Wisata Kabupaten Pasuruan yang Belum Dilirik

1 April 2018 - 17:42 WIB

Liga Champions 2018 Babak 16 Besar Akan Dimulai Dini Hari Nanti

6 Maret 2018 - 19:43 WIB

Denting Waktu

7 Januari 2018 - 19:07 WIB

Trending di Teras