Meraup Omzet Jutaan Rupiah dari Budidaya Ikan Cupang

Pasuruan (Kabarpas.com) – Budidaya ikan Cupang merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Selain pemeliharaannya yang tidak merepotkan dan rumit. Ternyata berbisnis ikan hias ini bisa menghasilkan omzet jutaan rupiah per minggunya.

Di Dusun Sadan Timur, Desa Kalirejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan ini misalnya, terdapat hampir 50 persen warga berbudidaya ikan hias jenis Cupang. Sehingga tak heran bila berkunjung ke tempat ini, Anda akan menjumpai beberapa kolam ikan berukuran 2 x 4, yang berada di depan rumah warga setempat.

Kondisi itu tak lepas dari perjuangan Thoyib Afendi, salah satu warga setempat yang mengajak sejumlah warga dan pemuda sekitar untuk berbudidaya ikan hias Cupang dengan membuka kelompok ikan hias “Mina Sumber Harapan”, yang saat ini sudah memiliki ratusan anggota.

“Ikan cupang ini sangat prospek karena banyak digemari pecinta ikan hias. Apalagi perawatannya pun juga tergolong mudah,” kata Thoyib kepada Kabarpas.com, saat ditemui di rumahnya, Sabtu, (18/06/2016) siang.

Thoyib sendiri berbagi cerita kepada Kabarpas.com, bahwa hanya dengan modal awal Rp 100 ribu, usaha budidaya ikan hias Cupang yang digelutinya sejak tahun 2010 tersebut, telah menghasilkan omzet sekitar Rp 1 Juta dalam setiap minggunya.

“Ketika saya tahu kalau berbisnis jualan ikan Hias Cupang ini sangat menjanjikan, dari sinilah saya kemudian mencoba mengajak beberapa tetangga yang belum punya pekerjaan untuk berbudidaya ikan hias Cupang ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, kalau saat itu hanya ada lima tetangganya yang mau diajaknya untuk berbisnis ikan hias jenis Cupang ini. Dan, lambat laun usaha yang digeluti oleh Thoyib dengan lima tetangganya tersebut membuahkan hasil yang memuaskan.

“Alhamdulillah, saat ini sudah banyak warga di sini yang mengikuti jejak saya untuk berbudidaya ikan hias Cupang ini,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Lebih lanjut Thoyib mengatakan, kalau sebagian besar kolam ikan  yang dimiliki dirinya dan warga setempat itu, telah menghasilkan ribuan ekor ikan hias Cupang dari berbagai jenis, diantaranya yaitu dari jenis ikan hias Cupang Bangkok, Serit, Halmon, Plakat, dan Giant.

“Untuk harganya kami jual berdasarkan jenis dan ukuran ikananya, yaitu dari kisaran Rp 800 ribu, hingga paling mahal 25 ribu.

Selain itu ia juga mengatakan, kalau ikan hias Cupang di wilayah itu, memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan di daerah lain, diantaranya yaitu dikasih makan apa pun mau walaupun hanya beberapa ekor cacing, serta harganya yang murah terjangkau.

“Untuk penjualan ikan hias Cupang dari tempat kami in,i sudah sampai ke luar kota yaitu seperti Sidoarjo, Mojokerto, Probolinggo, Malang, dan Surabaya. Bahkan, juga ada yang sampai ke luar jawa,” pungkasnya. (ajo/gus)..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *