Limbah Pabrik Ini Bikin Ribuan Ikan di Sepanjang Sungai Kedung Larangan Mati

Pasuruan (Kabarpas.com) – Akibat limbah pabrik mencemari Sungai Kedung Larangan, Bangil, Kabupaten Pasuruan. Membuat ribuan ikan di sepanjang sungai tersebut mabuk dan mati. Kamis, (26/11/2015).

Fenomena ikan mati di aliran sungai tersebut, terlihat mulai dari hulu hingga hilir sungai. Banyaknya ikan yang mati ini tidak disia-siakan oleh warga sekitar. Mereka pun menangkap ikan yang kondisinya sudah mabuk dan mengambang di permukaan sungai itu dengan menggunakan berbagai alat dan jaring.

Bahkan, saking banyaknya ikan yang mati dan mabuk, warga yang sejak pagi menjaring ikan di sungai ada yang mendapat puluhan kilogram ikan. Ikan yang berhasil ditangkap langsung dimasukkan kantong-kantong yang sudah disiapkan oleh warga.

Sementara itu, menurut pengakuan Fuad, salah satu warga setempat mengatakan, kejadian ini baru pertema kali terjadi di sungai tersebut. Dan diduga salah satu faktor utama yang membuat ribuan ikan di sepanjang sungai itu mabuk dan mati ialah disebabkan dari limbah pabrik saat turun hujan di wilayah Bangil dibuang ke sungai.

“Senang sekali mas, bisa dapat berbagai jenis ikan seperti bader, mujair, dan wader. Dan untuk menangkapnya juga tanpa harus susah payah. Tinggal menjaring saja, karena ikan-ikannya sudah pada mabuk dan mati,” kata Fuad kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi.

Fuad mengaku, rencananya ikan-ikan hasil tangkapannya itu akan ia gunakan untuk konsumsi sendiri secukupnya. Sedangkan sisanya akan ia jual kepada beberapa tetangga desanya dan juga ke teman-temannya. “Alhamdulillah, ini rejeki tersendiri bagi saya,” pungkasnya. (ajo/abu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *