Lapan Siap Gelar Nobar Gerhana Matahari Total di Pasuruan

Pasuruan (kabarpas.com) – Kantor Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Pasuruan akan menggelar nonton bareng (Nobar) fenomena alam yakni gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang. Bahkan, saat ini sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh pihak Lapan setempat.

gmt

“Persiapan demi persiapan sudah kami lakukan. Saat Nobar nanti kami akan memasang 7 teleskop, layar lebar, dan membagikan 250 kacamata hitam bagi warga yang ingin melihat langsung Gerhana Matahari Total tersebut,” kata Kepala Lapan di Pasuruan, Dian Yudha Risdianto kepada sejumlah wartawan. Kamis, (03/03/2016).

Dijelaskan, untuk di wilayah Jawa Timur sendiri warga dapat melihat Gerhana Matahari Total (GMT) pada pukul 06.21 WIB sampai pukul 08.39 WIB. Ia menambahkan, untuk di wilayah Jatim gerhana matahari total hanya akan terlihat sampai 83 persen.

“Untuk gerhana matahari total di wilayah Jawa Timur akan terjadi pada 9 Maret mendatang. Dan berlangsung selama 2 jam 17 menit. Namun, GMT di wilayah Jatim hanya terlihat 83 persen saja atau seperti bulan sabit,” pungkasnya. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *