Kemenag Pasuruan Gelar Rukyatul Hilal di Lapan Watukosek

Pasuruan (Kabarpas.com) – Untuk kedua kalinya Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan menggelar rukyatul hilal, di Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Nasional (Lapan) Watukosek, Pasuruan. Namun, kali ini hasil pengamatan menyebutkan bahwa hilal tidak terlihat karena tertutup oleh awan mendung.

“Semua peserta mengatakan kalau mereka tidak ada yang melihat satu pun tanda-tanda adanya hilal,” kata Barnoto, Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi seusai melakukan pengamatan, Minggu (05/06/2016).

Meski begitu, terkait untuk penetapan 1 Ramadan. Barnoto menegaskan kalau pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Kemenag RI. “Kami serahkan sepenuhnya kepada pihak yang memiliki kewenangan dalam hal ini adalah Kemenag pusat,” imbuhnya.

Di sisi lain, tidak seperti biasanya Kantor Balai Lapan Watukosek Pasuruan, ramai dikunjungi banyak orang, yang berasal dari kota dan luar kota setempat. Padahal di hari-hari biasanya, kantor Lapan yang berada di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan itu, tak seramai dengan hari ini.

Ya, keramaian itu mulai terjadi sejak Minggu sore, tampak ratusan lebih orang mulai memadati salah satu bukit yang dijuluki Perahu di kawasan Watukosek tersebut. Selanjutnya, mereka secara bergantian satu persatu melihat perkembangan hilal melalui kamera teleskop berukuran besar, yang sudah disiapkan oleh pihak Lapan.

“Jauh – jauh hari kami sudah menyiapkan beberapa teleskop. Kami berharap melalui kegiatan ini, bisa menjadi edukasi wisata religi bagi masyarakat,” ujar Kepala LAPAN Jawa Timur, Dian Yudha Risdianto kepada Kabarpas.com. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *