Innalillahi, Menteri Agama di Era Gus Dur Wafat

Reporter : Sam Demit

Editor : Memey Mega

 

Malang , Kabarpas.com – Menteri Agama di era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH Tolchah Hasan wafat, Rabu (29/5/2019) siang. Jenazah tokoh Nahdlatul Ulama itu dikebumikan di kompleks Pesantren Bungkuk Singosari, Malang, malam ini setelah pelaksanaan salat Tarawih.

“Kiai Tolchah meninggal di rumah sakit di Malang,” kata Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar.

Hardadi Arilangga, menantu Kiai Tolchah Hasan mengatakan, mertuanya meninggal sekira pukul 14.10 WIB di Paviliun VIP A Wijaya Kusuma RS Saiful Anwar, Kota Malang.

Sebelumnya tokoh Nahdlatul Ulama ( NU) kharismatik ini juga mendapat kunjungan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan sejumlah tokoh lainya.

Kabar terakhir, jenazah almarhum  disalatkan di Masjid Ainul Yaqin Unisma dan dimakamkan di pemakaman Pondok Pesantren Bungkuk, Singosari.

KH Tolchah Hasan merupakan Mustasyar Pengurus Besar NU dan mantan Menteri Agama. Selain ulama, beliau juga dikenal sebagai tokoh pendidikan dan aktif di organisasi kemasyarakatan.

Dia juga rajin menulis pemikiran dan keilmuannya dalam buku. Salah satu buku karyanya adalah “Ahlussunnah wal Jamaah dalam Tradisi dan Persepsi NU”. (dem/mey).