Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Advertorial · 7 Des 2023 23:52 WIB ·

Ikhtiar Pemkot Wujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender di Kota Pasuruan


Ikhtiar Pemkot Wujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender di Kota Pasuruan Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Dalam upaya mewujudkan kesetaraan serta keadilan gender, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG) bertempat di RM. Kebon Pring.

Wali Kota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan bahwa pelaksanaan PUG merupakan strategi yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah, guna terselenggaranya perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas kebijakan dan program kegiatan pembangunan yang berperspektif gender di daerah.

“Kesetaraan gender dalam kebijakan pembangunan menjadi indikator yang cukup signifikan karena kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang,“ ujar Gus Ipul.

Gus Ipul menyampaikan, tujuan pembangunan berkelanjutan merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk mensejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan dimana salah satunya adalah mewujudkan kesetaraan gender.

“Yakni memastikan partisipasi penuh dan efektif serta peluang yang sama untuk kepemimpinan pada seluruh tingkat pengambilan keputusan dalam kehidupan politik, ekonomi dan masyarakat,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul kemudian membeberkan, sesuai kesepakatan global dalam merespon kesenjangan gender, terdapat dua indikator yang digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi hasil pembangunan perspektif gender diantaranya adalah indeks pembangunan gender (IPG) dan indeks pemberdayaan gender (IDG).

“Alhamdulillah, IPG kota pasuruan pada tahun 2021 sampai 2022 menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan, yaitu di angka 96,27 dan 96,74. Ini artinya semakin setara pembangunan antara perempuan dengan laki-laki di Kota Pasuruan,” jelasnya.

Pelaksanaan PUG di daerah yang dinamis menuntut adanya kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) daerah serta didukung komitmen tinggi dari para pengambil keputusan. Gus Ipul berharap pelaksanaan PUG di daerah dapat lebih konkret dalam sistem perencanaan dan penganggaran daerah melalui penerapan PPRG (Perencanaan Penganggaran Responsif Gender).

“Pokja ini harus lebih efektif bekerja memberikan usulan dan menyusun program. Semua OPD dalam menyusun anggaran harus memasukkan kepentingan kesetaraan gender. Saya ingin teman-teman berinovasi, memberikan layanan yang terbaik khususnya bagi anak-anak, perempuan, dan disabilitas,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga meminta komitmen para kepala perangkat daerah untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam program dan strategi pembangunan mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi PUG.

“Perlu saya tekankan, PUG bukan merupakan suatu program kegiatan, melainkan strategi pembangunan. Strategi PUG perlu diintegrasikan dengan program pembangunan demi memastikan semua lapisan masyarakat bisa terlibat dalam proses pembangunan sehingga diharapkan pembangunan yang dilaksanakan bisa bermanfaat untuk semua,” kata Gus Ipul.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala DP3AKB Kota Pasuruan Ir. Emy Wirasati, M.M. mengungkapkan Kota Pasuruan telah melaksanakan strategi pengarusutamaan kesetaraan gender secara berkesinambungan yang diamanahkan dalam Dokumen RPJMDbahwa pengarusutamaan gender sebagai salah satu strategi dalam pembangunan di Kota Pasuruan.  Selain itu, amanah Pelaksanaan Strategi PUG di dikuatkan dengan Perwali No. 42. Tahun 2028 tentang PUG.

“Rakor ini dilakukan guna mengevaluasi pelaksanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di perangkat daerah, meningkatkan komitmen perangkat daerah dalam mengefektifkan pelaksanaan PUG, serta mendorong perangkat daerah berpratisipasi dalam pelaksanaan PUG,” ujarnya

Pada kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kepala Bappelitbangda, Siti Rohana selaku Ketua Pokja PUG, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender DP3AKB Provinsi Jawa Timur, One Widiyawati, dan Fasilitator PUG Provinsi Jawa Timur. (adv).

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

M Firman Taufik Terpilih sebagai Ketua Umum Himpuh Periode 2024-2028

1 Maret 2024 - 19:25 WIB

Disporapar Probolinggo Berikan Sosialisasi Pendaftaran HKI

1 Maret 2024 - 19:07 WIB

Layar Drama Indonesia Terbaru RCTI, Cinta Berakhir Bahagia Segera Tayang!

1 Maret 2024 - 15:06 WIB

Komisi IV DPRD Trenggalek Gelar Raker Bersama OPD Mitra Bahas Pelaksanaan APBD 2024

1 Maret 2024 - 08:13 WIB

Ini Pesan Pj Bupati Ugas Saat Lantik 14 Pejabat Eselon III

1 Maret 2024 - 08:04 WIB

Caleg PKS Komarudin Ajukan Nota Keberatan Pelaksanaan PSU ke Bawaslu

29 Februari 2024 - 21:15 WIB

Trending di Kabar Terkini