Soal SK Pemberhentian Kades Candiwates, Bupati Janji Akan Evaluasi

Pasuruan (Kabarpas.com) – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf berjanji akan mengevaluasi terkait Surat Keputusan (SK) pemberhentian Kepala Desa (Kades) Candiwates bernama Sueb. Langkah itu ia tempuh setelah mendengarkan sejumlah aspirasi dari warga Candiwates.

“Kami akan evaluasi terkait SK pemberhentian tersebut. Karena saya ini kan hanya menjalankan ketentuan peraturan dan undang-undang yang memberikan wewenangan terhadap Bupati. Kepala desa diberhentikan itu juga karena aturan. Coba kalau ada aturan yang bisa mengatur untuk mencabut akan saya lakukan,” ujar Irsyad kepada Kabarpas.com saat ditemui usai melakukan pertemuan dengan perwakilan warga Candiwates di Kantor Pemkab Pasuruan, Senin (22/02/2016).

Bupati mengaku, kalau dirinya menghormati Kades Sueb. Apalagi selama ini Sueb sangat disungkani dan dicintai oleh warganya, karena dianggap menjalankan roda pemerintahan desa setempat dengan baik. Kendati demikian, dirinya menegaskan kalau SK pemberhentian tersebut sudah sesuai aturan yang ada.

“Semua aspirasi dari masyarakat saya tampung, dan saya berjanji akan melakukan evaluasi terhadap SK tersebut. Memang secara hukum saya bisa mencabut SK. Namun, pasti akan ada implikasinya. Untuk itu saya akan terlebih dulu konsultasi ke Pemprov Jatim,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Seperti dikabarkan sebelumnya, ratusan warga Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan menggeruduk kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan, di jalan Hayam Wuruk Kota Pasuruan. Mereka menuntut kepada Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf supaya mencabut SK pemberhentian Kepala Desa (Kades) mereka bernama Sueb. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *