Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Breaking News · 25 Okt 2017 19:01 WIB ·

Ketika Koordinator AMSI Jawa Bali Bacakan Deklarasi


Ketika Koordinator AMSI Jawa Bali Bacakan Deklarasi Perbesar

Reporter : Joko Santoso

Editor : Memey Mega

________________________________________________________________________

Surabaya, Kabarpas.com – Selain seminar tentang media online dengan kata kunci ‘Masa Depan’, konferensi wilayah I Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur, juga menggekar deklarasi AMSI bersama anggota AMSI Jatim lainnya.

Yatimul Ainun, yang merupakan Koordinator Wilayah Jawa – Bali AMSI bertugas membacakan deklarasi yang berisi sebagai berikut.

Asosiasi Media Siber Indonesia

Kehadiran media baru berbasis internet memunculkan dinamika baru. Pakem jurnalistik yang sudah dibangun bertahun-tahun berubah, informasi tampil cepat, akurasi dan verifikasi sering deperdebatkan, hingga penerapan kode etik jurnalistik. Juga menghadapi kehadiran media sosial, konten buatan pengguna, agregator hingga persoalan bisnis media siber yang mulai tumbuh. Sementara, regulasi terkait kehadiran media digital ini masih minim.

Terhadap dinamika media baru tersebut, kami yang menjadi pelaku media siber menyatakan:

1. Bertekad memenuhi hak masyarakat untuk tahu, menegakkan nilai demokrasi, menjunjung terwujudnya supremasi hukum, dan HAM serta kebhinekaan.

2. Menjaga fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial serta sebagai lembaga ekonomi sebagaimana tercantum pada Pasal 2 Undang-Undang No 40 tentang Pers.

3. Merawat kebebasan pers dengan bekerja secara profesional, menegakkan kode etik jurnalistik menempatkan prinsip jurnalistik sebagai landasan utama.

4. Mendorong dan memperkuat pertumbuhan media siber yang sehat, profesional dan bertanggung jawab di seluruh tanah air.

5. Mendirikan media siber sebagai salah satu wadah untuk memperbaiki tata kelola media siber di Indonesia.

“Inti dari isi deklarasi ini menjelaskan adanya dinamika baru dengan kehadiran media berbasis internet, termasuk masih minimnya regulasi terkait kehadiran media digital,” terang pria yang saat ini menjabat sebagai pimpinan redaksi timesindonesia.co.id, Rabu (25/10)

Konferwil ini merupakan gelaran keempat AMSI wilayah di Indonesia, setelah sebelumnya berlangsung di Sulawesi. AMSI pusat yang didirikan awal tahun ini, membuahkan deklarasi yang juga dibaca pada pembukaaan Konferwil ini. (Jok/Mey).

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Om Banjir Om

9 Maret 2024 - 19:19 WIB

Saling Cokot, Empat Pengedar Sabu Diamankan

19 September 2023 - 13:45 WIB

Keluarga Pasien Meradang, Ada Konser di RSUD Bangil dengan Suara Musik Kencang

2 Agustus 2023 - 21:58 WIB

Laka Beruntun di Jalan Raya Purwodadi, 2 Orang Tewas di Tempat

26 Juli 2023 - 19:16 WIB

Gudang Rongsokan dan Rumah di Pasuruan Ludes Terbakar

21 Juli 2023 - 06:27 WIB

Dua Gudang Mebel di Pasuruan Ludes Terbakar

19 Juli 2023 - 23:20 WIB

Trending di Berita Pasuruan