Dua Kecamatan di Pasuruan Terdampak Erupsi Gunung Bromo

Pasuruan (Kabarpas.com) – Selain memantau langsung aktivitas meningkatnya vulkanik Gunung Bromo. Kedatangan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Saifullah Yusuf ke gunung yang dikenal eksotis tersebut, juga untuk memastikan jarak aman bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Sesuai arahan PVMBG, batas area terdampak sejauh 2,5 km dari kawah, sementara titik-titik wisata, berada sejauh 3 Km. Meliputi seruni point, mentigen dan lava view,” terangnya kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi. Jumat. (18/12/2015) pagi.

Sehingga, aktifitas pariwisata masih bisa dilakukan di wilayah Cemoro Lawang – Kabupaten Probolinggo. Sebab, sementara ini daerah terdampak abu vulkanik Gunung Bromo masih berkisar di wilayah Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang.

Dua kecamatan di Kabupaten Pasuruan, adalah Kecamatan Tutur dan Tosari, sementara Kabupaten Malang, Kecamatan Mojokusumo dan Kecamatan Tumpang. “Sesuai arah angin saat ini yang dominan ke barat-barat laut,” imbuhnya.

Terakhir, Gus Ipul memastikan bahwa wilayah Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo saat ini masih clear dan aman dikunjungi. “Tapi ya tetap, jika terguyur hujan abu ringan harus pakai masker, karena bahan utama asap vulkanik bromo mengandung silika,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Bromo mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim). Jumat (18/12/2015) pagi, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf turun langsung untuk meninjau aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl tersebut. (don/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *