Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Headline News · 25 Okt 2017 11:40 WIB ·

Ciptakan Media Siber Anti HOAX, AMSI Jatim Gelar Konferwil Perdana


Ciptakan Media Siber Anti HOAX, AMSI Jatim Gelar Konferwil Perdana Perbesar

Reporter : Putra

Editor : Mey Mega

_____________________________________________________________________

Surabaya (Kabarpas.com) – Untuk menyamakan visi sebagai media siber yang memberitakan sesuai pedoman kode etik jurnalis dan anti hoax, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DPD Jawa Timur menggelar Konferensi Wilayah I Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur yang diselenggarakan di Spazio Intiland Surabaya pagi ini, Rabu (25/10/2017).

Koordinator Pelaksana Arief Rahman menjelaskan, jika agenda pagi ini merupakan konwil pertama setelah sebelumnya mendeklarasikan diri.

“Ini merupakan konwil pertama dari Amsi Jatim, berharap bisa menginspirasi peserta dan pelaku media siber bahwa semua media siber harus berpedoman pada kode etik jurnalis,” kata pria yang juga menjabat sebagai Pimpinan Redaksi lensaindonesia.com saat membuka kegiatan.

Sementara itu, Pemred Merdeka.com sekaligus Ketua AMSI pusat, Wens Manggut menceritakan alasan dari pendirian AMSI.

“AMSI didirikan karena jumlah media online semakin banyak, sekitar 40rb dari Sabang sampe Merauke. Jadi banyak sekali dan itu dari yang pruden secara hukum, sampai yang tidak punya badan hukum. Padahal itu perlu. Maka dari itu sekitar 25 media di Jakarta berkumpul dan dewan pers juga meminta supaya media online yang semakin banyak harus ada asosiasinya. Karena ga mungkin jika hanya 1 asosiasi, harus ada lebih dari 2 atau 3 itu masuk akal,” terang pria yang akrab disapa Kakak Wens.

Jika dilihat, lanjut Kak Wens, jumlah media siber yang begitu banyak, tapi yang berbadan hukum sangat minim. “Nah, itulah supaya ada pedoman bagi pers sehingga AMSI  dibuat  di tengah banjirnya media online. Dan supaya tidak ada media abal-abal. Karena terus terang teman-teman yang bekerja di media yang berbadan hukum lama-lama kalah dengan media yang abal-abal. Apalagi kecendurangan masyarakat itu lebih penasaran dengan berita yang hoax,” ungkapnya.

Untuk itu, AMSI mengumpulkan media-media online yang berstandar dewan pers untuk bekerjasama memberitakan berita-berita yang bermanfaat, menginspirasi, dan anti hoax.

Kegiatan dengan mengambil tema ‘Masa Depan’ dihadiri juga oleh beberapa pejabat, seperti Gubernur Jatim, Soekarwo, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Jusuf, Bupati Trenggalek, Emil Dardak, dan beberapa Forkopimda lainnya serta para pemimpin redaksi media siber yang tergabung dalam anggota AMSI.

Sebelumnya, sudah ada beberapa media yang terdaftar menjadi anggota di AMSI Jatim, yakni: tribunjatim.com, beritajatim.com, jawapos.com, surya.co.id, lensaindonesia.com, kabarbisnis.com, josstoday.com. timesindonesia.co.id, blokbojonegoro.com, bloktuban.com, beritabojonegoro.com, maduracorner.com, portalmadura.com, faktualnews.co, mediamadura.com, pojokpitu.com, bangsaonline.com, kabarpas.com, suarabanyuurip.com, wartabromo.com dan nukita.id.(put/mey).

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Om Banjir Om

9 Maret 2024 - 19:19 WIB

Saling Cokot, Empat Pengedar Sabu Diamankan

19 September 2023 - 13:45 WIB

Keluarga Pasien Meradang, Ada Konser di RSUD Bangil dengan Suara Musik Kencang

2 Agustus 2023 - 21:58 WIB

Laka Beruntun di Jalan Raya Purwodadi, 2 Orang Tewas di Tempat

26 Juli 2023 - 19:16 WIB

Gudang Rongsokan dan Rumah di Pasuruan Ludes Terbakar

21 Juli 2023 - 06:27 WIB

Dua Gudang Mebel di Pasuruan Ludes Terbakar

19 Juli 2023 - 23:20 WIB

Trending di Berita Pasuruan