Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Pasuruan · 4 Jan 2016 22:29 WIB ·

Belasan Orang di Pasuruan Mulai Terjangkit DBD


Belasan Orang di Pasuruan Mulai Terjangkit DBD Perbesar

Pasuruan (Kabarpas.com) – Dalam kurun waktu seminggu terakhir, penderita demam berdarah dingue (DBD) di Pasuruan mulai bermunculan. Itu nampak dari pasien yang keluar masuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Soedarsono Kota Pasuruan, yang saat ini sudah mencapai belasan jiwa.

“Karena hujan yang tidak terusan atau setiap hari seperti ini, dipastikan banyak pasien DBD. Tapi di rumah sakit ini pasien masih keluar masuk dalam seminggu terakhir,” kata Rose Wijiati, salah satu perawat kepala ruangan di RSUD dr R Soedarsono, Senin (04/01/2016).

Dijelaskan, penderita DBD yang didominasi anak-anak, biasanya mulai dibawa ke rumah sakit pada hari ketiga setelah panas badan yang terus meninggi. Namun, hal itu bisa segera ditangani oleh tim paramedis, asalkan segera diketahui hasil diagnosa yang menujukkan positif terserang penyakit akibat gigitan nyamuk aides aigepty tersebut.

“Jika sudah diketahui diagnosanya positif DBD, maka akan segera ditangani dengan cepat. Sebab penderita harus segera diberi cairan tambahan untuk memulihkannya. Karena penanganan yang cepat, membuat lekas sembuh, sehingga pasien yang dirawat keluar-masuk,” urai Rose.

Dari belasan pasien DBD yang keluar-masuk di RSUD setempat selama seminggu terakhir, hanya terdapat enam pasien saja yang dirawat di rumah sakit setempat.

“Dari sebanyak 54 tempat tidur untuk berbagai kelas yang ada, seluruh pasien anak-anak yang terdata saat ini 27 anak. Itupun terdiri dari berbagai jenis penyakit. Untuk DBD sekitar 4 hingga 6 anak,” ucap Lilik Hertanti,  kepala perawat ruangan lainnya di RSUD setempat. (ajo/abu).

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan Ke-337 Berlangsung Spektakuler

8 Februari 2023 - 22:32 WIB

KOMPAK Desak Kejari Buka Kembali Kasus Mark Up Pembelian Lahan Kantor Kecamatan Panggungrejo

23 Januari 2019 - 23:32 WIB

Pasca Ledakan Surabaya, Kantor Samsat Kabupaten Pasuruan Perketat Keamanan

14 Mei 2018 - 11:00 WIB

Menikmati Lezatnya Rawon Nguling

9 April 2018 - 07:22 WIB

Sungai Dayang, Potensi Wisata Kabupaten Pasuruan yang Belum Dilirik

1 April 2018 - 17:42 WIB

Wow!! Pemain Utama Film TTM Akan Sapa Penggemarnya di Malang dan Surabaya

22 Maret 2018 - 09:27 WIB

Trending di Berita Pasuruan