1326 Santri Madrasah Diniyah se-Kota Pasuruan Ikuti Ujian Semester Genap Serentak

Pasuruan (Kabarpas.com) – Ribuan santriwan dan santriwati di sejumlah madrasah diniyah atau Madin se-Kota Pasuruan mengikuti ujian semester genap, yang digelar secara serentak oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Pasuruan.
Pantauan Kabarpas.com di sejumlah Madin yang ada di kota setempat, meski ujian ini hanyalah sebatas untuk pendidikan non formal khususnya yaitu dalam bidang keagamaan. Namun, para santri Madin tersebut tampak begitu serius dan telaten mengerjakan soal ujian.

Tak hanya itu, ujian yang baru mulai dilaksanakan beberapa tahun terkahir di Kota Pasuruan ini, dilaksanakan layaknya ujian pada pendidikan formal. Di mana setiap ruangan yang ditempati untuk ujian dijaga oleh dua orang pengawas dari luar madin yang digunakan untuk ujian tersebut.

“Ini merupakan hari pertama pelaksanaan ujian semester genap untuk santri Madin, yang digelar secara serentak se-Kota Pasuruan. Dan ujian ini diikuti oleh sebanyak 1326 santri Madin,” kata H. Sulaiman, Kabid Pendidikan dan Keagamaan Dispendik Kota Pasuruan, saat ditemui Kabarpas.com di lokasi, Kamis (12/05/2016).

Dijelaskannya, ujian semester genap itu akan berlangsung hingga Minggu (15/05/2016) besok. Ia juga mengatakan bahwa untuk setiap hari selama ujian berlangsung, para santri Madin yang mengikuti ujian ini, akan dihadapkan dua mata pelajaran. “Untuk hari ini mata pelajarannya adalah Alquran dan Aqidah,” imbuhnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa dasar diselenggarakannya ujian untuk santri Madin tersebut, ialah berdasarkan kebijakan pemerintah Kota Pasuruan dalam rangka melaksanakan PP Nomor 55 tahun 2007, tentang pendidikan agama dan keagamaan.

“Pelaksanaan ujian serentak ini juga mengacu pada pedoman tentang penyelenggaraan pendidikan Madin tahun 2014 yang telah dikeluarkan Kemenag RI,” pungkasnya. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *