Wali Kota Pasuruan Buka Pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kota Pasuruan

Pasuruan, Kabarpas.com – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Pasuruan Tahun 2022.

Acara ini digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Pasuruan, di Hotel BJ Perdana Kota Pasuruan. Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (RKPD) Kota Pasuruan Tahun 2022 yang bertema “Pemulihan Ekonomi Didukung Pembangunan Infrastruktur Strategis dan Pemberdayaan Potensi Lokal” dilaksanakan secara online/teleconference dan offline, yang diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, KepalaPerangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan termasuk Camat, Pemangku kepentingan yaitu Tokoh Masyarakat, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua Organisasi Profesi/Organisasi Masyarakat dan Delegasi Kecamatan serta undangan lain.

Dalam sambutanya, Wali Kota Gus Ipul menyampaikan bahwa berkaitan dengan kondisi saat ini dan perkiraan tahun 2022, marilah mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di Kota Pasuruan yang hal tersebut dapat dijadikan dasar dalam penyusunan program dan kegiatan, kemudian dituangkan ke dalam arah kebijakan Kepala Daerah yakni pembangunan infrastruktur strategis pengungkit ekonomi, penguatan permodalan dan pendampingan industri unggulan, percepatan perbaikan infrastruktur pendidikan dan kesehatan, pemberdayaan komunitas dan penguatan event-event kreatif serta pengembangan infrastruktur digital.

Lebih lanjut dikatakan, dengan prioritas pembangunan pada tahun 2022 diarahkan pada pertumbuhan ekonomi inklusif melalui pemberdayaan sektor unggulan lokal, peningkatan infrastruktur strategis yang ramah dan nyaman, penguatan perlindungan sosial dan ketenagakerjaan, peningkatan pelestarian budaya lokal, pemenuhan akses pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas, penguatan sistem mitigasi bencana dan kualitas lingkungan hidup.

“Serta peningkatan ketentraman, ketertiban umum dalam kerukunan tata kehidupan bermasyarakat dan tata kelola Pemerintahan yang baik,” terangnya.


Menurut Kepala Bappelitbangda Kota Pasuruan Drs.H. Adri Djoko Srijono,mengatakan adapun tujuan yang ingin dicapai dari acara ini adalah mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam menyusun rencana pembangunan Kota Pasuruan, menyerap masukan,aspirasi masyarakat yang konstruktif dalam perencanaan pembangunan, menyepakati prioritas pembangunan daerah, penyelarasan usulan Kelurahan melalui Musrenbang Kecamatan dengan program kegiatan Perangkat Daerah dan penyelarasan program dan kegiatan pembangunan Daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi dan Pemerintah.

“Sedangkan masukan dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2022 yang utama adalah Rancangan Awal RKPD Kota Pasuruan Tahun 2022, Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2022, Hasil Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan, Pokok Pokok DPRD dan hasil pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Forum Lintas Perangkat Daerah,” ujarnya.


Sementara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pasuruan H. Ismail M. Hasan, menyampaikan pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD yang telah di input dengan menggunakan sistem e-Planing untuk agenda kegiatan tahun 2022 terfokus pada pembangunan infrasturtur jalan, jembatan, rumah sakit, penangan banjir yang dipicu luapan air sungai, harus dilakukan secara terintegrasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah tetangga.

“Percepatan pengembangan wilayah tematik yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dan potensi local, Penurunan angka kemiskinan serta peningkatan kualitas layanan rumah sakit, penyediaan air minum dan penataan PKL. Dari kelima prioritas pokok-pokok pikiran DPRD ini, kami berharap agar benar-benar bisa dilakanakan dengan baik sehingga program capaian yang menjadi fokus DPRD dalam hal pembangunan Kota Pasuruan dapat terwujud, tentunya hal itu semua juga harus seiring dengan visi dan misi pembangunan pimpinan daerah terpilih,” pungkasnya. (ajo/gus).