Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Probolinggo · 1 Des 2023 10:01 WIB ·

Tegak Berdiri Depan Pabrik Kertas Leces, Ini Profil Menarik AMIK Taruna Probolinggo


Tegak Berdiri Depan Pabrik Kertas Leces, Ini Profil Menarik AMIK Taruna Probolinggo Perbesar

Probolinggo, Kabarpas.com – Bagi generasi Boomers dan generasi X, pastilah teringat masa kenangan sekolah dengan menggunakan buku kertas leces yang digunakan untuk menempuh studi. Kertas buku bersejarah dalam dunia pendidikan dan sekaligus peradaban negeri ini, diproduksi oleh Pabrik kertas leces, sebuah pabrik yang pernah berdiri kokoh di jalan raya Leces, Kabupaten Probolinggo.

Pernah berdiri kokoh, tepatnya di atas lahan seluas 64 hektar, sebelum kemudian jatuh pailit dan kemudian segala bentuk fisik pabrik yang sejarah pendiriannya lekat dengan peristiwa Perang Dunia I, dibongkar tak bersisa. Namun, sisa kenangan pabrik yang berdiri pada 1939 dengan nama resmi saat itu N.V Papierfabriek Letjes, masih dapat dirasakan dengan masih kokohnya lembaga pendidikan bercat hijau di sebrangnya, yaitu Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Taruna Probolinggo.

Disingkat ATP, lembaga pendidikan yang kini dinahkodai Ir. Choirul Anam, M.Kom. berdiri sebagai imbas jayanya pabrik Kertas Leces saat itu. Tepatnya, didirikan sebagai hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan Loka Pelatihan dan Ketrampilan (Lolapil) bidang ketrampilan teknik dan komputer oleh induk perusahaan, PT Kertas Leces (Persero) yang kemudian penyelenggaraannya dialihkan ke Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Keluarga Kertas Leces (YPKK) mulai tahun 1992 sampai dengan tahun 1999.

Dijelaskan oleh Choirul Anam, bahwa ATP saat ini memiliki tiga Program Studi, yaitu Diploma III Manajemen Informatika, Diploma III Komputerisasi Akuntansi, dan Teknik Komputer.

“AMIK Taruna Probolinggo hingga saat ini sudah memiliki lebih dari seribu lulusan dari berbagai prodi yang berafiliansi dengan dunia digital dan informasi. Pemilihan prodi di AMIK disesuaikan tingginya minat studi terkait digitalisasi,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, bahwa kelebihan lain ATP adalah biaya pendidikan yang lebih terjangkau dan sebagai pendidikan tinggi vokasi bidang Informatika dan Komputer satu-satunya di Kabupaten & Kota Probolinggo.

Hal tersebut disampaikannya disela-sela Dies Natalis ke-23 dan Reuni Akbar pada 12/11 lalu. Hadir dalam kesempatan kali itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Sherlita Ratna Dewi Agustin, Sekretaris MUI Jatim Lia Istifhama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi, dan Ketua Alumni AMIK Taruna Abu Amar. (dit/gus).

Artikel ini telah dibaca 94 kali

Baca Lainnya

IPNU-IPPNU Diharapkan Jadi Pilar Terdepan Generasi Digital

2 Maret 2024 - 12:34 WIB

HUT ke-105, Bupati Trenggalek Mas Ipin Apresiasi Kinerja Damkar

2 Maret 2024 - 12:09 WIB

Komisi I DPRD Trenggalek Gelar Raker Bersama OPD, Evaluasi APBD 2023 dan Pelakasanaan APBD 2024

2 Maret 2024 - 09:33 WIB

M Firman Taufik Terpilih sebagai Ketua Umum Himpuh Periode 2024-2028

1 Maret 2024 - 19:25 WIB

Disporapar Probolinggo Berikan Sosialisasi Pendaftaran HKI

1 Maret 2024 - 19:07 WIB

Layar Drama Indonesia Terbaru RCTI, Cinta Berakhir Bahagia Segera Tayang!

1 Maret 2024 - 15:06 WIB

Trending di Entertainment