Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Lintas Kabarpas · 4 Nov 2017 20:30 WIB ·

Siswa Muhammadiyah Tanam Ribuan Pohon Mangrove di Pantai Pancer Timur Pacitan


Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pacitan menanam pohon mangrove Perbesar

Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pacitan menanam pohon mangrove

Reporter : Emil Mukhtar Efendi

Editor : Kholid Andika

______________________________________________

Pacitan (Kabarpas.com) – Ribuan pohon mangrove ditanam di pantai Pancer Timur, Desa Kembang, Kabupaten Pacitan, oleh 25 siswa SMA Muhammadiyah 1 Pacitan. Penanaman pohon yang dimotori Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Pacitan ini, bertajuk gerakan pengurangan resiko bencana. Sebelumnya, ribuan relawan bersama Bupati Pacitan, Indartato menggelar apel.

Saat penanaman pohon, siswa SMA Muhammadiyah 1 didampingi Bati Ops Kodim 0801 Pacitan, Purwo. Ia berharap, dengan adanya penanaman pohon mangrove ini, kabupaten Pacitan tidak akan tenggelam. “Semoga dengan adanya penanaman pohon mangrove ini, Pacitan tidak tenggelam,” katanya, Sabtu (04/11/2017)

Salah satu siswi kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pacitan, Afi Dian Arisma mengatakan, pohon mangrove inilah yang tahan dengan hemparan ombak air laut, karena akarnya yang sangat kuat. “Saya dan teman-teman akan menanam masing-masing lima pohon,” ucap Afi dengan bangga saat menanam pohon mangrove.

Sementara itu, pendamping siswa SMA Muhammadiyah 1 Pacitan, Mita Widiasari mengatakan, agar tidak kena sunami dan siap siaga akan bencana, maka, SMA Muhammadiyah 1 Pacitan peduli dan berpartisipasi sebagai relawan penanaman pohon mangrove ini. “Belum ada bencana besar yang dirasakan. Untuk itu sedia payung sebelum hujan,” ujarnya.

Perangkat Desa Sirnoboyo Pacitan, Harun merasa memiliki Pacitan. Ia rela berpanas-panasan bersama relawan untuk menanam mangrove. Ia akan menanam seratus pohon hingga sore hari.

Selain kegiatan menanam pohon mangrove, juga ada demo laka laut yang dilakukan oleh tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Pacitan. Dengan kesiapan,  kesigapan, TRC BPBD pacitan ini melakukan penyelamawan nelayan yang tergulung ombak. Semua kejadian itu dalam demonya. (emil/lid).

Artikel ini telah dibaca 77 kali

Baca Lainnya

15 SMK Siap Berkompetisi di Babak Final Olimpiade Jaringan Mikro0k 2023

6 Oktober 2023 - 09:34 WIB

Kemenag Siapkan Hadiah Rp2,7 M untuk Santri Juara MQKN 2023

12 Juli 2023 - 15:11 WIB

451 Peserta Daftar Beasiswa Non Gelar di Luar Negeri

7 Juli 2023 - 20:03 WIB

Kemenag Jajaki Kerjasama Student Mobility Program ke Perguruan Tinggi di Amerika

8 Juni 2023 - 22:14 WIB

Program Internasionalisasi PTKI, Kemenag MoU dengan Universiti Utara Malaysia

29 Mei 2023 - 18:30 WIB

Pelaku Pembunuhan Nelayan Panggungrejo Ditangkap, Ternyata Motifnya Gara-gara Ini…

17 Agustus 2022 - 19:09 WIB

Trending di Berita Pasuruan