Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Pendidikan · 8 Jun 2023 22:14 WIB ·

Kemenag Jajaki Kerjasama Student Mobility Program ke Perguruan Tinggi di Amerika


Kemenag Jajaki Kerjasama Student Mobility Program ke Perguruan Tinggi di Amerika Perbesar

Washington DC, Kabarpas.com -Delegasi Kementerian Agama dalam NAFSA 75th Annual Conference and Expo di Washington DC Amerika, melakukan lawatan ke sejumlah perguruan tinggi di Amerika Serikat untuk memperkuat pengembangan perguruan tinggi keagamaan Islam.

Di antara Perguruan Tinggi yang telah dikunjungi adalah York College of Pennsylvania, Bufallo State University, dan Rochester Institute of Technology (RIT). Sementara beberapa Perguruan Tinggi lagi akan menyusul kemudian.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Dr. Rohmat Mulyana Sapdi, M.Pd mengatakan dengan melihat dan berdiskusi secara langsung dengan civitas akademika di sejumlah Perguruan Tinggi di Amerika Serikat sudah tergambar program-program yang bisa dikolaborasikan.

“Kita bisa mengirim program student mobilty untuk mahasiswa PTKI sebagai implementasi dari program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka ke sejumlah Perguruan Tinggi di Amerika Serikat”, terang Rohmat Mulyana melalui siaran pers yang diterima redaksi Kabarpas.com, pada Selasa (6/6/2023).

Rohmat mengangggap bahwa student mobility program sangat penting untuk mahasiswa tidak saja untuk memperkuat bidang keilmuan yang digeluti, melainkan juga untuk memungkinkan terjadinya people to people contact sehingga terjadi mutual understanding atas keragaman. Hal ini selaras dengan misi Kementerian Agama dalam pengarusutamaan Moderasi Beragama.

Rohmat menegaskan kunjungan ini juga untuk menjajaki kerjasama penetapan sejumlah perguruan tinggi di USA sebagai Perguruan Tinggi Tujuan Program Gelar S1-S3 Beasiswa indonesia bangkit (BIB) untuk para mahasiswa, guru, dosen, kyai dan ustadz.

Ruchman Basori Ketua PMU BIB Kemenag yang juga Kasubdit Ketenagaan Direktorat Diktis mengatakan, umumnya PT tersebut eligible dijadikan sebagai Perguruan Tinggi Tujuan Program Beasiswa Indonesia Bangkit baik untuk Program Gelar (Degree Program) maupun Program Non Gelar (Non Degree Program), seperti Student Mobility, Microcredential, Riset Visiting Professor, Riset Kolaboratif dalam bidang STEM, Humaniora, Ilmu Sosial, dan Islamic Studies.

“Bufallo State University yang mempunyai reputasi bidang Jurusan Pendidikan, misalnya, menawarkan program microcredential dalam bidang Pengembangan Keprofesian Guru dan Dosen, juga Micocredential bidang Creativity and Change Leadership bagi Dosen dan Guru di Lingkungan Kementerian Agama,” terang Thobib Al Asyhar Kadubdit Kelembagaan dan Kerjasama.

Abdullah Faqih Kasubdit Pengembangan Akademik yang juga Sekretaris PMU BIB Kemenag menegaskan dari Rochester Institute of Technology kita bisa melakukan program pengiriman beasiswa S1, S2, dan S3 dalam bidang STEM (Science Technology, Engineering, and Mathematics), juga belajar tentang sinergi Perguruan Tinggi dengan dunia insdutri.

Sementara itu Muhammad Aziz Hakim Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat mengatakan kita melihat di RIT misalnya ada jurusan-jurusan tertentu yang mewajibkan semua mahasiswa melakukan magang bekerja di Industri dan mendapatkan hak gaji sesuai standar UMR sebagai bagian dari kurikulum perguruan tinggi.

Delegasi terdiri dari Sesditjen Pendidikan Islam Rohmat Mulyana, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Thobob Al Asyhar, Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Muhammad Aziz Hakim, Kasubdit Pengembangan Akademik Abdullah Faqih, Kasubdit Ketenagaan Ruchman Basori dan Pendamping Tim Rumtini.(np/ian).

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

15 SMK Siap Berkompetisi di Babak Final Olimpiade Jaringan Mikro0k 2023

6 Oktober 2023 - 09:34 WIB

Kemenag Siapkan Hadiah Rp2,7 M untuk Santri Juara MQKN 2023

12 Juli 2023 - 15:11 WIB

451 Peserta Daftar Beasiswa Non Gelar di Luar Negeri

7 Juli 2023 - 20:03 WIB

Program Internasionalisasi PTKI, Kemenag MoU dengan Universiti Utara Malaysia

29 Mei 2023 - 18:30 WIB

Pelaku Pembunuhan Nelayan Panggungrejo Ditangkap, Ternyata Motifnya Gara-gara Ini…

17 Agustus 2022 - 19:09 WIB

Bertemu Mahasiswa Indonesia di Al-Azhar, Ketua PBNU Ingatkan Agar Tak Ikuti Faham Liberal

13 Juni 2022 - 12:54 WIB

Trending di Pendidikan