Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Probolinggo · 8 Jan 2024 08:40 WIB ·

Ribuan Goweser Ramaikan Genggong Go Greeen V


Ribuan Goweser Ramaikan Genggong Go Greeen V Perbesar

Probolinggo, Kabarpas.com – Sebanyak 2 ribu goweser dari dalam dan luar Kabupaten Probolinggo turut meramaikan gowes bertajuk “Genggong Go Green V” yang digelar oleh Pondok Pesantren Zainul Hasan (Zaha) Genggong Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo.

Ribuan goweser ini mengikuti 3 jalur yang telah ditetapkan oleh panitia. Yakni, MTB dengan rute sejauh 25 km, Fun Bike dengan rute sejauh 14 km dan road bike dengan rute sejauh 3 km.

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si, Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto, Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Gus H. dr. Muhammad Haris atau Gus Haris selaku penggagas Genggong Go Green, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Samsur, Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Untuk Pj Bupati Ugas dan Forkopimda mengikuti jalur road bike dengan rute sejauh 3 km yang mengambil start dan finish di Pondok Pesantren Zaha Genggong. Dari start, rombongan gowes ke arah selatan dan transit di Balai Desa Selogudiq Wetan Kecamatan Pajarakan.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Ugas dan Forkopimda melakukan penanaman pohon di halaman Balai Desa Selogudiq Wetan. Kemudian melanjutkan gowes hingga finish di Pondok Pesantren Zaha Genggong.

Di garis finish ini, Pj Bupati Ugas dan Forkopimda melakukan peninjauan stand UMKM dan pemeriksaan kesehatan gratis. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan hadiah utama berupa 3 unit sepeda motor dan 4 unit sepeda onthel.

Pengasuh Pondok Pesantren Zaha Genggong Gus H. dr. Muhammad Haris atau Gus Haris
Mengungkapkan gowes bertajuk Genggong Go Green V ini mengangkat tema Go Green Life Still ini mengajak untuk bisa berperilaku go green

“Mindset kita bangun secara go green, bagaimana kita mulai membiasakan tidak menggunakan yang bermesin dan berperilaku hidup kita terhadap plastik. Makanya MTB kita minta ujntuk selalu menyediakan tumbler. Jadi bukan botol plastik lagi,” ujarnya.

Gus Haris mengaku bersyukur karena bisa terus berproses. Dimana go green ini rangkaian dari penanaman 1000 pohon dan bersih-bersih sampah itu berkah. Serta gowes 3 jalur mulai dari fun bike, MTB dan road bike.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang sudah berpartisipasi, termasuk segenap panitia, para klub-klub dan komunitas sepeda sehingga Genggong Go Green ini berjalan dengan sukses,” tegasnya.

Sementara Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas inisiatif keluarga besar Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong menggelar kegiatan Genggong Go Green Carnival dan Gowes Bersama.

“Ini adalah wujud nyata kepedulian lembaga pendidikan pondok pesantren dengan mengajak komunitas bersepeda dan masyarakat sekitar untuk ikut memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan agar tetap bersih dan hijau,” katanya.

Menurut Pj Bupati Ugas, Go Green adalah gerakan yang bertujuan untuk mengajak seluruh penduduk dunia agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. “Kita dituntut untuk semakin peduli pada lingkungan sebab saat ini, seiring dengan kemajuan teknologi, semakin banyak manusia yang tidak peduli dengan lingkungan,” terangnya.

Lebih lanjut Pj Bupati Ugas menerangkan polusi, limbah dan gas emisi memberikan dampak yang merusak. Dampak tersebut menyebabkan masalah baru, yaitu pemanasan global.

“Sebagai penduduk bumi yang peduli, kita harus mencurahkan usaha kita agar mendapatkan tempat yang lebih baik untuk hidup. Tidak hanya kita, tapi juga bagi generasi selanjutnya,” terangnya.

Pj Bupati Ugas menyarankan agar setiap orang menanam setidaknya satu tanaman. Walaupun hanya tanaman, tetapi manfaatnya amat sangat besar bagi umat manusia. Selain itu kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya harus dipupuk sejak dini.

“Yang tak kalah pentingnya, mari kita kurangi emisi kendaraan bermotor dengan menggunakan alat transportasi yang ramah lingkungan seperti bersepeda sebagaimana yang kita laksanakan bersama pagi ini. Selain ikut membantu mengurangi polusi udara dengan bersepeda kebugaran tubuh kita semakin terjaga. Dengan gowes bersama, jalinan silaturahim akan semakin terjaga dan tentu saja kita akan semakin banyak saudara,” tegasnya.

Sedangkan Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gus Haris dan jajaran Forkopimda yang telah membantu dan mensupport kegiatan Genggong Go Green.

“Alhamdulillah, kegiatan ini sangat positif dan sangat bermanfaat bagi semua, mengingat visi dan misi dari Pondok Pesantren Genggong menjadikan Genggong Go Green sebagai gaya hidup kita ke depan untuk mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah maupun pelestarian lingkungan yang ada di Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Kapolres sangat mendukung kegiatan-kegiatan Pondok Pesantren Genggong berupa Genggong Go Green yang berarti kembali ke alam untuk melestarikan lingkungan dan mengurangi emisi karbon yang ada sehingga kesehatan bisa terjaga dan lingkungan bisa diselamatkan.

“Sekali lagi kami mendukung dari kegiatan Pondok Pesantren Genggong. Kami berharap kegiatan ini idak hanya sekali saja tetapi bisa berkelanjutan dan kami siap mendukung,” pungkasnya. (len/gus).

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Pemkab Trenggalek Juara 1 LMSI Tingkat Provinsi Jatim 2024

20 Juli 2024 - 20:33 WIB

Jemaah Haji Masih Dirawat di Rumah Sakit Saudi Tetap Jadi Tanggung Jawab Pemerintah Indonesia

20 Juli 2024 - 17:21 WIB

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejari Gelar Senam Bersama dan Pasar Murah

20 Juli 2024 - 16:48 WIB

Makna Mendekat

20 Juli 2024 - 08:57 WIB

6.610 Petani Tembakau di Probolinggo Sumringah Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

19 Juli 2024 - 20:06 WIB

Bersinergi dengan Dishub, MPM Honda Jatim Kampanyekan #Cari_Aman untuk Pelajar di Moment MPLS 

19 Juli 2024 - 19:43 WIB

Trending di Kabar Otomotif