PPT di RSUD Tongas Siap Layani Korban Kekerasan Perempuan & Anak

Probolinggo (Kabarpas.com) – Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) yang dibentuk Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB), di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai difungsikan.

“Tujuan dibentuknya layanan terpadu berbasis rumah sakit ini, ialah untuk menangani permasalahan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang meliputi pelayanan medis, medikolegal, psikososial dan bantuan hukum secara lintas fungsi dan lintas sektoral,” ujar Kepala BPPKB Kabupaten Probolinggo dr Endang Astuti. Sabtu, (30/01/2016).

Sementara itu, Direktur RSUD Tongas drg Kamaliyah Tjipluk Lestari menyambut baik keberadaan PPT ini. Menurutnya, tindak kekerasan merupakan perbuatan yang diarahkan pada perempuan berdasarkan perbedaan jenis hingga dapat mengakibatkan kesengsaraan secara fisik, seksual atau psikologis yang dapat menyengsarakan kaum perempuan. “Tentunya keberadaan PTT ini, dapat membantu melayani para perempuan yang menjadi korban kekerasan,” imbuhnya.

Sedangkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Asy’ari, mengatakan kekerasan yang kerap terjadi tidak lepas karena disebabkan dengan latar belakang sosial dan budaya daerah serta faktor kemiskinan.

“Hal tersebut terjadi karena rendahnya pendidikan, pergeseran moral, permasalahan sosial budaya, gaya hidup dan juga sempitnya lapangan pekerjaan. Sehingga dapat mengakibatkan perempuan dan anak semakin rentan terhadap permasalahan kekerasan,” katanya. (dzi/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *