Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Teras · 19 Sep 2015 12:51 WIB ·

Polres Pasuruan Terjunkan Belasan Personel Untuk Padamkan Kebakaran Hutan


Polres Pasuruan Terjunkan Belasan Personel Untuk Padamkan Kebakaran Hutan Perbesar

Pasuruan (Kabarpas.com) – Kebakaran yang terjadi di kawasan hutan Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, membuat pihak kepolisian dari Polres Pasuruan turut menerjunkan belasan personelnya, guna membantu untuk memadamkan api tersebut.

“Hari ini kami terjunkan beberapa anggota Sabhara, untuk membantu pihak Tahura dan relawan, guna melokalisir kebakaran agar tidak meluas,” ujar Kapolres Pasuruan, AKBP Soelistijono saat melihat kesiapan anggotanya dan tim relawan yang akan naik ke lokasi kebakaran hutan, Sabtu (19/09/2015).

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan bahwa kegiatan tersebut, merupakan sebagai salah satu upaya pihak kepolisian untuk peduli lingkungan. “Polisi nggak ngurusi penjahat saja, harus tanggap terhadap kondisi lingkungan yang berdampak kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu menurut petugas Tahura, hingga kini pemadaman kebakaran hutan juga masih dilakukan pihaknya dan tim dari BPBD serta relawan dari warga setempat. “Upaya pemadamannya sedang berlangsung, belum tuntas,” jelas Iwan Harwiyanto, koordinator lapangan UPT Tahura R. Soerjo.

Upaya pemadaman kebakaran hutan, selain dilakukan oleh pengamanan hutan (pamhut) dari UPT Tahura R. Soerjo dan warga sekitar. Para penambang belerang yang ada di sekitar puncak Welirang juga ikut membantu pemadaman. Menurut Iwan, total personel yang terlibat dalam pemadaman ini yait sekitar 34 orang, mereka terbagi  ke dalam dua tim. “Kami akan terus berusaha sampai api benar-benar  padam,” imbuhnya.

Selain medan yang sulit, lokasi kebakaran yang berada di ketinggian juga menyulitkan proses pemadaman. “Petugas harus berjalan kaki sekitar 2-3 jam-an dari pos ijin pendakian, untuk sampai ke lokasi kebakaran terdekat,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Seperti dikabarkan sebelumnya, kebakaran hutan terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Pasuruan. Selain di pegunungan Welirang dan Arjuno, kebakaran lahan hutan juga terjadi di wilayah Penanjakan, pegunungan Bromo dan wilayah Kecamatan Lumbang. (ajo/abu).

Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Cerdas Berdemo, Mahasiswa Harus Tingkatkan Reponsif Membaca dan Diskusi

27 September 2019 - 09:42 WIB

Tips Menambah Daya Ingat

19 Desember 2018 - 12:55 WIB

Inilah 5 Tips Aman Pencopet Saat Libur Lebaran

18 Juni 2018 - 16:15 WIB

Sungai Dayang, Potensi Wisata Kabupaten Pasuruan yang Belum Dilirik

1 April 2018 - 17:42 WIB

Liga Champions 2018 Babak 16 Besar Akan Dimulai Dini Hari Nanti

6 Maret 2018 - 19:43 WIB

Denting Waktu

7 Januari 2018 - 19:07 WIB

Trending di Teras