Polres Banyuwangi Gagalkan Pengiriman Ganja Sebanyak 31,9 kg yang Akan Diedarkan di Bali

Banyuwangi (Kabarpas.com) – Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polres Banyuwangi berhasil mengagalkan pengiriman ganja seberat 31,9 kg, yang rencananya akan diedarkan di Bali. Itu setelah pihak Satnarkoba Polres setempat, berhasil menangkap seorang kurir ganja yang diketahui berinisial AR. Kamis, (24/12/2015).

“Penangkapan pelaku kurir ganja berinisial AR ini, berdasarkan hasil laporan dari warga, akan adanya pengiriman ganja dari Aceh menuju pulau Dewata. Bali,” ujar Kapolres Banyuwangi, AKBP Bastoni Purnama di hadapan sejumlah awak media.

Atas pengembangan laporan tersebut, akhirnya Satnarkoba Polres setempat melakukan penangkapan terhadap pelaku, yang saat itu membawa koper berisi puluhan kilo gram ganja kering siap edar, di lampu merah Cungking, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Banyuwangi. “Pelaku yang diketahui asal Cilacap, Jawa Tengah ini membawa ganja senialai Rp.191 juta,” imbuh Kapolres.

Kapolres menbahkan, karena Banyuwangi adalah pintu masuk utama jalur darat pulau jawa menuju Bali. Sehingga tidak menutup kemungkinan wilayah ini menjadi jalur perlintasan barang haram rersebut menuju pulau Bali.

Di hadapan sejumlah wartawan pelaku mengaku, kalau dirinya pernah mendekam di penjara selama 4 tahun dengan kasus yang sama. Ia juga mengatakan, jika ia dapat melancarkan aksinya tersebut ia akan mendapatkan imbalan uang Rp 2 juta,

“Saya melakukan ini karena terdesak, sebab anak saya yang masih sekolah meminta telfon genggam.” ucap A.R sambil memperlihatkan wajah penyesalannya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku terancam pasal 114 (1) sub 112 (1) UU RI No. 35 Tahun 2009, dengan acaman kurungan 20 tahun penjara dan denda  Rp 10 miliar. (dik/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *