Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Probolinggo · 11 Jan 2024 16:20 WIB ·

Pj Bupati Ugas Resmikan Bangunan Program Rehabilitasi RTLH Baznas


Pj Bupati Ugas Resmikan Bangunan Program Rehabilitasi RTLH Baznas Perbesar

Probolinggo, Kabarpas.com – Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si meresmikan bangunan program rehabilitasi 15 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo kolaborasi Baznas Provinsi Jawa Timur secara simbolis di Dusun Pande RT 24 RW 11 Desa Triwungan Kecamatan Kotaanyar, Rabu (10/1/2024).

Peresmian untuk program tahun 2023 ini ditandai dengan penempelan stiker pada bangunan program rehabilitasi Rutilahu oleh Pj Bupati Ugas didampingi Wakil Ketua Bidang Pendistribusian Baznas Provinsi Jawa Timur H Ahsanul Haq dan Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzammil.

Turut mendampingi Pj Bupati Ugas, Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo A’at Kardono, Camat Kotaanyar Hari Pribadi, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Abdul Ghafur, Kepala Desa Triwungan dan Perangkat Desa Triwungan dan Komisioner Baznas Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Ugas juga menyerahkan secara simbolis beberapa program Baznas Kabupaten Probolinggo dan Baznas Provinsi Jawa Timur. Diantaranya, bantuan pemberdayaan ekonomi umat usaha kecil krupuk samiler Kelompok Sarwah Assalafiyah Pakuniran sebesar Rp 20 juta dan pemberdayaan ekomomi umat bagi 200 keluarga terdampak stunting masing-masing Rp 500 ribu dengan total Rp 100 juta.

Selanjutnya, jambanisasi bagi 10 penerima manfaat masing-masing senilai Rp 5 juta, 19 dhuafa fakir dari Baznas Provinsi Jawa Timur masing-masing Rp 600 ribu per bulan, usaha Z Chicken bagi 5 penerima manfaat masing-masing senilai Rp 5 juta serta bantuan ternak kambing dari Baznas Provinsi Jawa Timur sebanyak 30 ekor kambing senilai Rp 75 juta bagi 10 orang penerima.

Tidak hanya itu, Baznas Kabupaten Probolinggo juga menyerahkan bantuan paket sembako bagi 50 warga kurang mampu yang berada di sekitar lokasi peresmian program rehabilitasi RTLH. Serta bantuan Alat Tulis Sekolah (ATS) tahap kedua secara simbolis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo bagi 1.906 siswa SMP dan 1.905 siswa SD di Kabupaten Probolinggo.

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzammil mengungkapkan kegiatan ini merupakan penyerahan terakhir kegiatan untuk anggaran 2023 yang ada di Baznas Kabupaten Probolinggo sehingga pada waktu tutup buku pada tanggal 31 Desember 2023 pelaksanaan penyerahannya dilakukan pada awal bulan Januari 2024.

“Yakni penyerahan 15 rumah program RTLH yang ada di Kabupaten Probolinggo. Dari 15 rumah ini ada kolaborasi sebanyak 10 rumah dengan Baznas Provinsi Jawa Timur. Dimana Baznas Jatim memberikan bantuan Rp 15 juta untuk masing-masing rumah dan kami tambahnya Rp 5 juta sehingga totalnya Rp 20 juta per rumah. Sementara 5 rumah yang lain murni dari Baznas Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Muzammil menerangkan ada pemberdayaan ekonomi umat berupa ternak kambing sebanyak 30 ekor. Dimana 15 ekor diserahkan di Dusun Tomangan Desa Betek Taman Kecamatan Gading dan 15 ekor lagi di Kecamatan Krucil. Termasuk bantuan perberdayaan ekonomi umat bagi 200 keluarga stunting, program Z Chicken dan jambanisasi bagi 10 orang.

“Mudah-mudahan dengan program ini kita bisa membantu Pemerintah Daerah sebagaimana visi dari Baznas Kabupaten Probolinggo yaitu sebagai garda terdepan membantu Pemerintah Daerah menekan angka kemiskinan,” jelasnya.

Sementara Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas program bantuan rehabilitasi terhadap Rrumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dilaksanakan oleh Baznas Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Baznas Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Baznas merupakan salah satu mitra kerja pemerintah yang bersinergi membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahterakan masyarakat. Pada hakekatnya zakat yang tumbuh subur, tidak hanya mencerminkan keberhasilan kinerja Baznas saja, tetapi juga berkat dukungan dari semua pihak,” katanya.

Menurut Pj Bupati Ugas, tujuan dari program rehabilitasi RTLH ini adalah untuk pengentasan kemiskinan yang mencakup pemenuhan kebutuhan dasar, salah satunya adalah rumah layak huni.

“Melalui program ini diharapkan dapat memberikan masyarakat tempat tinggal yang layak serta memiliki syarat kesehatan dan keselamatan serta untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” terangnya.

Sedangkan Wakil Ketua Bidang Pendistribusian Baznas Provinsi Jawa Timur H Ahsanul Haq menyampaikan program Baznas Provinsi Jawa Timur untuk program RTLH tahun 2023 sebanyak 10 unit untuk Kabupaten Probolinggo dengan nominal masing-masing Rp 15 juta.

“Untuk tahun 2024, nominalnya setiap rumah sebesar Rp 20 juta. Masing-masing kabupaten dan kota bisa mengajukan untuk tahap awal sebanyak 10 rumah. Nanti kita evaluasi pada semester pertama. Ketika 10 rumah selesai, silahkan mengajukan lagi untuk tahap 2 sebanyak 10 rumah,” ujarnya.

Selain itu jelas Ahsanul Haq, ada juga program pemberdayaan ekonomi berupa ternak kambing. Untuk tahun 2024, Baznas Jatim mencanangkan 2 kelompok penerima yang bisa diajukan untuk tahap awal 1 kelompok yang terdiri dari 10 orang. Masing-masing orang diberi 3 ekor kambing betina. Sementer kedua 1 kelompok berikutnya.

“Syaratnya harus kandang komunal dan kandangnya harus satu meter di atas tanah supaya bebas dari penyakit. Jika bebas dari penyakit maka pertumbuhannya akan lebih cepat. Masing-masing daerah akan diberikan bantuan melalui Baznas masing-masing untuk membeli kambing sendiri supaya cocok di daerahnya,” terangnya.

Untuk bantuan kambing ini, masing-masing orang akan menerima bantuan 3 ekor kambing senilai Rp 7,5 juta. “Harapannya program ini mampu mengangkat ekonomi keluarga. Harapannya yang awalnya mustahiq bisa menjadi muzaqqi untuk mengikis kemiskinan. Tetapi saya meminta agar indukan kambingnya tidak boleh dijual. Kalau anakannya silahkan,” pungkasnya. (len/gus).

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Gus Ipul Ajak Kepala Sekolah hingga Orang Tua Deklarasi Sekolah Aman 

24 Juli 2024 - 12:41 WIB

MPM Honda Jatim Kenalkan #cari_aman Pada Guru PG TK 

24 Juli 2024 - 11:38 WIB

Diperta Probolinggo Gelar Bimtek Peningkatan Kualitas Bahan Baku Tembakau Melalui GHP

24 Juli 2024 - 08:29 WIB

Peringati HAN, RSUD Waluyo Jati Berikan Penyuluhan dan Pola Asuh Anak

23 Juli 2024 - 21:16 WIB

Dua Komplotan Maling Spesialis Mobil Pikap di Pasuruan Ditangkap

23 Juli 2024 - 20:31 WIB

Pilkada Trenggalek 2024, PKB Potensi Usung Mas Ipin

23 Juli 2024 - 19:31 WIB

Trending di KABAR PILKADA