Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Advertorial · 7 Mar 2024 12:50 WIB ·

Perkuat Daya Tarik Wisata, Pemkab Trenggalek Siapkan 73 Kalender Even 2024


Perkuat Daya Tarik Wisata, Pemkab Trenggalek Siapkan 73 Kalender Even 2024 Perbesar

Trenggalek, kabarpas.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Paeiwisata dan Kebudayaan (Disparbud) terus melakukan terobosan untuk memperkuat daya tarik wisata. Salah satunya adalah menggelar 73 even selama tahun 2024 dan di mulai Maret hingga Desember. Demikian disampaikan oleh Bambang Supriyanto, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disparbud setempat kepada Kabarpas.com, Kamis (7/3/2024) siang.

Bambang mengatakan, sesuai arahan dari Bupati, Kabupaten Trenggalek harus memiliki Kalender Even di tahun 2024. Kalender Even ini diharapkan bisa menjadi penguat daya tarik wisata alam yang kita miliki.

“Jenisnya macam-macam. Ada yang berbasis budaya, olah raga dan lain sebagainya. Baik yang diselenggarakan melalui swadaya masyarakat atau Pemkab. Sudah disiapkan 73 even selama tahun 2024, “ucapnya.

Ketika disinggung terkait even yang diharapkan bisa menyedot perhatian, Bambang menyampaikan, pihaknya tidak memprioritaskan salah satu even, tapi lebih mendorong agar bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan kreativitas penyelenggara bisa terwujud. Sehingga bisa menjadi tambahan daya tarik wisata Trenggalek.

“Jadi di tahun 2024 ini di inisiasi agar tahun berikutnya bisa berkembang terus. Endingnya bisa menangkap peluang kunjungan wisatawan dengan adanya Bandara Doho Kediri, “imbuhnya.

Disebutnya, seiring dengan beroperasionalnya Bandara Doho Kediri, otomatis jarak antara bandara ke kota Trenggalek akan jauh lebih ideal. Apalagi tol dari Kediri akan sampai hingga Tulungagung. Tak rerkecuali akan mempersingkat waktu perjalanan. “Peluang besar ini harus dimanfaatkan dan dipersiapkan mulai tahun 2024 dengan masyarakat san pemerintah untuk seoptimal mungkin mengembangkan even-even tersebut, “tukasnya.

Ditambahkannya, even-even yang perlu didorong itu, misalnya yang berbasis budaya. Karena, kekuatan pariwisata itu ada pada daerah yang maju dengan didukung keunikan budaya yang ada di Trenggalek.

Sementara itu, untuk lokasi even, lanjut dia, tersebar dan tidak harus dekat dengan daerah-daerah wisata. Bahkan jauh dari tempat wisata. Harapanya, agar ada pergerakan lebih lanjut dari destinasi wisata ke even. Even satu, dua dan seterusnya.

“Selain bisa meningkatkan pergerakan wisatawan juga berpotensi lama tinggal wisatawan serta ada peningkatan belanjanya. Kan tinggalnya lebih lama, “tandasnya.

Dia mencontohkan kegiatan dalam Kalender Even, yaitu kegiatan yang berbasis pada budaya pada Bulan Agustus mendatang. “Lebih dekat lagi nanti di Bulan Muharam tepatnya 7 Juli ada even upacara adat, “tutupnya (ags/ADV).

Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

AHM Luncurkan Rebel 1100 Bagi Pecinta Big Bike Cruiser, Segini Harga di Jatim

15 Juni 2024 - 11:49 WIB

FGD Optimalisasi dan Efisiensi PJU, Dishub Probolinggo Terima Studi Tiru Dishub Kabupaten Nganjuk

15 Juni 2024 - 11:41 WIB

Freddy Poernomo Minta Kaum Muda Harus Kritis dan Tak Boleh Diam dalam Berdemokrasi

14 Juni 2024 - 19:43 WIB

Puncak Peringatan HLUN ke-28, Gus Ipul Dukung Lansia Sehat dan Mandiri

14 Juni 2024 - 19:29 WIB

Breaking News! Penjual Ikan Keliling di Pasuruan Tewas Ditabrak KA Pandalungan

14 Juni 2024 - 11:02 WIB

Puluhan Pelajar di Kota Pasuruan Bertanding di O2SN Cabor Renang

14 Juni 2024 - 09:13 WIB

Trending di Berita Pasuruan