Pengendalian Industri Kecil dan Menengah Berbasis Dashboard Management System Terintegrasi di BUMDES Ngingas

Surabaya, Kabarpas.com – Departemen Teknologi Informasi ITS melakukan kegiatan KKN Abdi Masyarakat berbasis produk yang dilaksanakan di BUMDES Ngingas, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan yang telah berlangsung pada 15 November 2021 itu bertajuk “Pembuatan Dashboard Management System Kontrol IKM Terintegrasi di BUMDES Ngingas”.

Kegiatan KKN ini diikuti oleh 10 mahasiswa dan dipimpin langsung oleh Ir. Khakim Ghozali, MMT., Pada kegiatan ini bertujuan untuk membuat Dashboard Management System di BUMDES Ngingas sebagai solusi untuk permasalahan BUMDES yang kesulitan dalam mengontrol dan mengevaluasi kinerja dari IKM yang terdaftar.

“BUMDES memiliki kebutuhan untuk mengontrol IKM yang terdaftar agar dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh IKM sehingga dapat meningkatkan kelebihan dan mengevaluasi kekurangan yang dimiliki oleh IKM,” ujar Ir. Khakim Ghozali, MMT, selaku dosen pembimbing sekaligus Ketua Abdi Masyarakat.

Dijelaskan, dashboard Management System beroperasi dengan mendapatkan semua informasi terkait sumber daya manusia, pemasukan dan pengeluaran, data produk, ketersediaan bahan yang dimiliki oleh IKM sehingga data-data ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi yang terkontrol baik dari pihak BUMDES maupun pihak IKM itu sendiri.

“Kegiatan KKN berbasis produk ini dimulai dengan perancangan sistem database, perancangan user interface dari dashboard management system, pengembangan dashboard management system, pengintegrasian dengan power BI dan yang terakhir adalah hosting. Selanjutnya dashboard management system yang sudah siap akan bisa dioperasikan pada BUMDES Ngingas,” pungkasnya. (***/wan).