Pendidikan Berbasis Teknologi di Tengah Pandemi

Pengirim: Fatchur Rochman, Mahasiswa Semester 7 Jurusan Matematika Uniwara Pasuruan

 

 

 

Kabarpas.com – Kuliah Kerja Nyata Atau KKN adalah kegiatan perkuliahan wajib mahasiswa semester 7 dalam suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lingkup daerah setingkat desa.

Saya sedang melaksanakan KKN. Namun, sebagaimana diketahui bahwa saat ini masih dalam pandemi covid-19. Tentu ada yang beda dalam KKN saya dengan KKN yang dilakukan sebelum pandemi.

Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan aturan agar masyarakat melakukan pysical distancing, jaga kebersihan, hingga menggunakan masker. Itu dilakukan demi menekan penyebaran virus korona yang sampai saat ini masih terus menghantui jagad negeri ini.

Dan di kesempatan kali ini pula, saya akan berbagi cerita tentang pengalaman saya KKN di tengah pandemi. Tema KKN yang saya angkat adalah Pendidikan yang Berbasis Teknologi di tengah pandemi.

Saya mencoba untuk membuat para penjual maupun pembeli di toko agar tidak bersentuhan dan tetap menjaga jarak. Sehingga salah satu usaha yang saya lakukan adalah mengajak pemilik sebuah toko di tempat tinggal saya untuk melakukan pembayaran segala transaksi pembelian via online.

Hal yang perlu saya siapkan yaitu handphone pemilik toko dan barcode Qr yang sudah saya siapkan sebelumnya. Di situ saya mengajarkan kepada pemilik toko agar benar – benar mengerti karena menjelaskan teknologi seperti ini sangat sulit untuk dijelaskan kepada pemilik toko yang masih gaptek atau gagap teknologi.

Di sisi lain selain kegiatan transaksi saya juga mengajarkan untuk memanagemen tokonya secara online, sehingga jika pemilik toko kehilangan catatan tokonya bisa diunduh via online.

Saya berharap dengan usaha kecil seperti ini dapat membantu pemerintah untuk memutus rantai Covid – 19 yang saat ini masih belum ada penangkal yang ampuh. Dan saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Dosen atau pembimbing saya, Siti Nur Halimah yang telah membantu saya melaksanakan KKN ini dengan baik dan lancar. (***).