Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Probolinggo · 29 Des 2023 19:22 WIB ·

Pembayaran Retribusi Sampah di Probolinggo Kini Menggunakan Virtual Account


Pembayaran Retribusi Sampah di Probolinggo Kini Menggunakan Virtual Account Perbesar

Probolinggo, Kabarpas.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo bersinergi dengan Bank Jatim Cabang Kraksaan memberikan sosialisasi pembayaran retribusi sampah menggunakan virtual account di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo.

Kegiatan yang diikuti oleh 200 wajib retribusi ini dihadiri oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dewi Korina, Penyelia Operasional Dana Bank Jatim Cabang Kraksaan Aditya Priyanto Putra serta Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada DLH Kabupaten Probolinggo Yuwanita Darman.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan evaluasi pembayaran retribusi persampahan melalui virtual account tahun anggaran 2023 dan penandatanganan perjanjian kerjasama pengangkutan sampah tahun 2024 dengan perusahaan dan mitra DLH wajib retribusi.

Penandatanganan perjanjian kerjasama pengangkutan sampah tahun 2024 ini dilakukan secara simbolis oleh 5 (lima) perusahaan dengan Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dewi Korina.

“Alhamdulillah di penghujung tahun 2023 ini, kami bekerja sama dengan Bank Jatim Cabang Kraksaan melakukan sosialisasi tentang tarif retribusi pengelolaan sampah untuk tahun 2024 berdasarkan Perda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang baru,” kata Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dewi Korina.

Selain sosialisasi jelas Dewi, pihaknya juga mendapatkan banyak masukan terutama yang berkaitan dengan evaluasi pelayanan persampahan, evaluasi tentang penggunaan virtual account untuk pembayaran retribusi dan seputar tarif baru. “Semoga dengan sosialisasi ini, pelayanan persampahan di Kabupaten Probolinggo akan semakin baik dan target retribusi persampahan tahun 2024 dapat tercapai,” jelasnya.

Terkait dengan perjanjian kerjasama pengangkutan sampah tahun 2024 terang Dewi, hal itu akan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2024 mendatang. “Pada kesempatan ini kami juga melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama pengangkutan sampah dengan perusahaan dan mitra kami wajib retribusi yang akan berlaku mulai tanggal 1 Januari 2024,” tegasnya.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada DLH Kabupaten Probolinggo Yuwanita Darman menyampaikan paparan terkait dengan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).

“Masyarakat perlu sadar bahwa mengelola sampah sejatinya adalah kewajiban masing-masing individu. Retribusi adalah salah satu cara dalam berperan serta di dalam mengelola sampah. Setiap orang dalam pengelolaan sampah rumah tangga wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan,” ungkapnya.

Sedangkan Penyelia Operasional Dana Bank Jatim Cabang Kraksaan Aditya Priyanto Putra memberikan paparan terkait dengan tata cara pembayaran retribusi sampah melalui virtual account Bank Jatim Cabang Kraksaan. (len/gus).

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

M Firman Taufik Terpilih sebagai Ketua Umum Himpuh Periode 2024-2028

1 Maret 2024 - 19:25 WIB

Disporapar Probolinggo Berikan Sosialisasi Pendaftaran HKI

1 Maret 2024 - 19:07 WIB

Layar Drama Indonesia Terbaru RCTI, Cinta Berakhir Bahagia Segera Tayang!

1 Maret 2024 - 15:06 WIB

Komisi IV DPRD Trenggalek Gelar Raker Bersama OPD Mitra Bahas Pelaksanaan APBD 2024

1 Maret 2024 - 08:13 WIB

Ini Pesan Pj Bupati Ugas Saat Lantik 14 Pejabat Eselon III

1 Maret 2024 - 08:04 WIB

Caleg PKS Komarudin Ajukan Nota Keberatan Pelaksanaan PSU ke Bawaslu

29 Februari 2024 - 21:15 WIB

Trending di Kabar Terkini