Komunikasikan Program SDSB, FKKPS Kunjungi BLH Kabupaten Pasuruan

Pasuruan (Kabarpas.com) – Forum Komunikasi dan Koordinasi Kabupaten Pasuruan Sehat (FKKPS) melakukan kunjungan ke Kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten setempat. Kunjungan itu juga disebut program “Silaturahim Sehat” menyongsong 2016.

Kegiatan ini dipimpin langsung Ketua FKKPS Muslim Mustajab, serta didampingi dengan pengurus lain yaitu Wiwik Winarniningsih, Syukur Apriwiyanto, Luluk Lukitah dan Hari Wicaksono dari PT.Tirta Investama Aqua (unsur perusahaan).

Ketua FKKPS, Muslim Mustajab menyampaikan, bahwa maksud dan tujuan Silaturahim Sehat ini adalah untuk berkomunikasi, koordinasi, dan sinkronisasi program atau kegiatan pada tahun 2016 dengan BLH. Adapun program yang di komunikasikan adalah program Satu Desa Satu Bank Sampah (SDSB).

Selain itu juga menyampaikan agenda Study Banding FKKPS, yang akan dilaksanakan pada tanggal 3-5 Desember 2015 di Kabupaten Sleman Jogja. Dan meminta dari BLH 2 orang agar bisa ikut studi banding karena terkait dengan pengelolaan sampah di Sleman.

Studi Banding ini nantinya untuk membandingkan tentang kebijakan, komitmen, pembiayaan, permasalahan, program-progran dan strategi  pengelolaan sampah yang ada di Kabupaten Sleman melalui FKK Sleman Sehat.

Dan hasil dari Studi Banding itu nanti akan dirumuskan dan di rekomendasikan oleh FKKPS ke Pemkab Pasuruan dengan Leading Sektor BLH sebagai bahan pertimbangan dan langkah- langkah mengelola dan menangani sampah di Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, Kabid Pemulihan dan Kebersihan BLH, Kabupaten Pasuruan Edi Suyanto, yang saat itu mewakili Kepala BLH, menyambut baik kehadiran tim FKKPS di kantor BLH.

Setelah bertemu dengan Kabid Pemulihan dan Kebersihan tim FKKPS dilanjut Silaturahim Sehat ke Nita BLH, yang menangani bagian yang menangani Sekolah Adiwiyata. Di hadapan Nita tim FKKPS menyampaikan inisiatif Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) untuk Anak Usia Dini ( PAUD) yang sudah di lakukan Oleh PT.Tirta Investama Aqua.

Di pertemuan ini sinkronisasi program masih perlu dikomunikasikan dan ditindak lanjuti lebih lanjut karena di BLH pendidikan lngkungan hidup masih sebatas tingkat SD, SMP dan SMA belum menjangkau PAUD. Nita BLH sempat menunjukkan foto-foto pendidikan lingkungan di sekolah usia dini saat kunjungannya ke Perancis.

Agenda Silaturahmi Sehat dari FKKPS selanjutnya akan dilakukan ke Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Bapeda Kab.Pasuruan untuk komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi program 2016.

Hasil kegiatan Silaturahim Sehat akan menjadi bahan untuk merumuskan program bagi FKKPS di tahun 2016 nanti. Sehingga bisa tercipta sinergisitas stakeholder terkait Swastisaba Padapa agar lebih optimal capaian indikatornya.Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan menuju langkah Swastisaba selanjutnya yaitu Wiwerda. (adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *