Kemenag Buka Seleksi Pejabat Eselon I, Pendaftaran Online 1-15 April

Jakarta, Kabarpas.com – Kementerian Agama membuka seleksi terbuka untuk Pejabat Pimpinan Tinggi Madya atau yang biasa disebut Eselon I. Pendaftaran dilakukan secara online, dibuka sejak 1-15 April 2021.

“Kami mengundang PNS atau Non-PNS yang memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Agama Tahun 2021,” jelas Sekjen Kemenag yang juga Ketua Panitia Seleksi Nizar, di Jakarta.

Menurutnya, ada lima jabatan eselon I yang akan dibuka seleksi. Dua jabatan, seleksinya bisa diikuti oleh PNS dan Non PNS yang memenuhi syarat, yaitu: Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah serta Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan Negara.

Tiga jabatan yang lain, seleksinya hanya bisa diikuti PNS, yaitu: Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, Staf Ahli Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi, serta Staf Ahli Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Untuk mendaftar, peserta bisa mengakses Sistem Pendaftaran Online Seleksi JPT Kementerian Agama melalui tautan https://ropeg.kemenag.go.id/apps/seleksijpt/.

“Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengunggah seluruh dokumen persyaratan asli dalam bentuk file pdf maksimal 3MB per file sesuai urutan dokumen,” terang Nizar.

“Panitia tidak menerima dokumen persyaratan dalam bentuk hardcopy,” lanjutnya.

Informasi lengkap terkait jadwal dan dokumen persyaratan seleksi Pimpinan Pejabat Tinggi Madya Kemenag ini bisa diakses melalui: https://kemenag.go.id/home/artikel/43486/seleksi-terbuka-calon-pejabat-pimpina-tinggi-madya-kementerian-agama-tahun-2021

Nizar menambahkan, dalam proses asesmen, Pansel akan melibatkan asessor dari berbagai unsur atau instansi pemerintah. Mereka adalah asessor yang sudah memiliki sertifikasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Berikut jadwal tahapan seleksi Pimpinan Pejabat Tinggi Madya Kemenag:

  1. Pengumuman dan pendaftaran 1 – 15 April 2021
  2. Pengumuman hasil seleksi administrasi 21 April 2021
  3. Penulisan makalah 24 April 2021
  4. Asesmen kompetensi 27 – 30 April 2021
  5. Penyampaian hasil tes kesehatan 7 Mei 2021
  6. Pengumuman hasil akhir seleksi 12 Mei 2021. (Don/Mel).