Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Teras · 31 Mei 2016 22:15 WIB ·

Ini Modus Penipuan yang Dilakukan Oknum Satpol PP Pasuruan Terhadap Puluhan Korbanya


Ini Modus Penipuan yang Dilakukan Oknum Satpol PP Pasuruan Terhadap Puluhan Korbanya Perbesar

Surabaya (Kabarpas.com) – Oknum Satpol PP Kabupaten Pasuruan bernama Sutrisno Bambang Ariwobo (41), yang ditangkap oleh Resmos Satreskrim Polrestabes Surabaya mengaku, kalau ia memanfaatkan profesinya sebagai PNS golongan III untuk mencari orang yang bersedia mau menjadi Pegawai Negeri Sipil maupun polisi.

Seperti yang dilansir dari situs media online beritajatim.com, Selasa (31/05/2016). Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Shinto Silitonga menjelaskan, dalam aksinya tersangka selalu mengenakan seragam satpol PP. Hal itu ia lakukan untuk meyakinkan korbannya.

Setelah itu tersangka bercerita pada semua orang yang telah dikenalnya termasuk tetangannya bahwa dirinya telah dipercaya untuk menjadi panitia penerimaan CPNS di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Dari cerita itu kemudian menyebar dan akhirnya banyak korban berdatangan ingin menjadi PNS,” terangnya.

Kasat menambahkan, korban mulai meminta uang sebesar Rp 27 juta. Alasannya uang tersebut akan digunakan sebagai administrasi. Dan selang beberepa minggu kemudian, tersangka meminta uang lagi sambil mengatakan kepada korban bahwa nama korban sudah dalam proses. “Tersangka mengatakan kalau uang Rp 4 juta tersebut, ia gunakan sebagai uang pelicin ke Bupati,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kasat mengatakan bahwa dari waktu selama tiga tahun melakukan aksi penipuan ini, sudah ada 21 orang menjadi korban. “Sedangkan untuk menjadi anggota Polisi, tersangka mengaku memiliki relasi di Kepolisian,” tandasnya.

Sebagaimana yang dikabarkan sebelumnya, seorang oknum Satpol PP Kabupaten Pasuruan bernama Sutrisno Bambang Ariwobo (41), ditangkap oleh petugas Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya. Itu setelah salah seorang korbannya bernama Ribut Sitiyono Rahadi, melaporkan ulah pelaku kepada petugas kepolisian setempat. (bjt/abu).

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Cerdas Berdemo, Mahasiswa Harus Tingkatkan Reponsif Membaca dan Diskusi

27 September 2019 - 09:42 WIB

Tips Menambah Daya Ingat

19 Desember 2018 - 12:55 WIB

Inilah 5 Tips Aman Pencopet Saat Libur Lebaran

18 Juni 2018 - 16:15 WIB

Sungai Dayang, Potensi Wisata Kabupaten Pasuruan yang Belum Dilirik

1 April 2018 - 17:42 WIB

Liga Champions 2018 Babak 16 Besar Akan Dimulai Dini Hari Nanti

6 Maret 2018 - 19:43 WIB

Denting Waktu

7 Januari 2018 - 19:07 WIB

Trending di Teras