Hadiri Sarasehan Forum CSR, Gus Ipul Ajak Perusahaan Berkontribusi Bangun 1000 Jamban Keluarga

Pasuruan, Kabarpas.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Pasuruan, menggelar Sarasehan Forum CSR (Corporate Social Responsibility) Kota Pasuruan. Acara ini digelar di Ruang Pertemuan Valencia Resto, Pasuruan.

Tujuan digelarnya acara ini ialah untuk mensinkronkan program/kegiatan yang akan dilaksanakan melalui dana CSR dengan program/kegiatan prioritas Kota Pasuruan, khususnya bidang kesehatan dan bidang infrastuktur dan sanitasi lingkungan, serta peningkatan peran forum CSR dalam pembangunan di Kota Pasuruan secara menyeluruh.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang turut hadir menyampaikan, Pemerintah Kota Pasuruan tidak bisa berdiri sendiri sehingga perlu bergerak bersama  untuk pembangunan Kota Pasuruan.

“Oleh karena itu Pemerintah Kota Pasuruan mencari peluang lain yakni CSR, selain itu CSR  merupakan perintah Undang-Undang dan otonom serta kebijakan milik perusahaan. Pemerintah Kota punya kepentingan dan ingin CSR seiring/sejalan sehingga permasalahan-permasalahan  di Kota Pasuruan teratasi,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, ada sekitar 2.657 Kepala Keluarga di 16 Kelurahan di Kota Pasuruan yang tidak punya Jamban Keluarga.

“Oleh karena itu kita saling memperkuat mengatasi persoalan tersebut dan dunia usaha/ industri Kota Pasuruan diminta bantuan/kontribusi untuk berpartisipasi mengeluarkan CSR karena merupakan kewajibannya. Dan itu semua menjadi jembatan menuju program prioritas Pemerintah Kota Pasuruan,” terangnya.

Diakhir sambutan, Gus Ipul mengajak kepada dunia usaha/industri Kota Pasuruan untuk tahun ini minimal 1.000 jamban keluarga sudah dibuat, sehingga diharapkan saling koordinasi dengan pihak terkait. “Mudah-mudahan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat,” tandasnya.

Perlu diketahui CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep atau perbuatan yang dilakukan oleh perusahaan karena memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab sosial ataupun lingkungan di sekitar, dimana perusahaan tersebut beroperasi. (ajo/gus).