Gus Ipul Imbau Perangkat Daerah Turut Terlibat Aktif dalam Penyusunan Masterplan

Pasuruan, Kabarpas.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap II Smart City. Tujuan dari bimtek yang digelar hari Senin tanggal 13 Agustus 2021 ini untuk menentukan program prioritas penyusunan Masterplan Smart City di Kota Pasuruan.

Sebagaimana disampaikan oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam sambutan pembukanya bahwa bimtek ini juga untuk mewujudkan integrasi, sinkronisasi, dan sinergi diantara Perangkat Daerah khususnya yang membawahi 6 poin utama rencana aksi pembentukan smart city yang meliputi Smart Government, Smart Branding, smart Economy, Smart Living, Smart Society, and Smart Environtment.

Keterpaduan dan sinkronisasi dari setiap Perangkat Daerah ini menjadi sangat penting karena meskipun Diskominfotik Kota Pasuruan sebsgai leading sektor dari terwujudnya smart city, namun implementasi dari 6 (enam) poin rencana aksi tetap bergantung dari semua Perangkat Daerah.

“Smart city ini memerlukan dukungan semua perangkat Daerah, kita dikumpulkan dalam acara ini agar mampu berperan secara aktif menyusun Masterplan. Saya ingin mengajak teman-teman Perangkat Daerah supaya memiliki perhatian lebih sebagai usaha mewujudkan smart city,” ujar Gus Ipul.

Lebih lanjut disampaikan Gus Ipul bahwa dalam mewujudkan smart city di Kota Pasuruan perlu diawali oleh pemerintahnya dengan mewujudkan Smart Government. Hal ini sebagai langkah awal untuk memberikan pelayanan yang baik, cepat, dan efisien hingga bagaimana pemerintah mampu menciptakan layanan yang adaptif tetapi tetap sesuai teknologi dan berbasis data.

“Smart government ini diawali dengan data, maka kita harus berbenah dan berorientasi soal smart city, salah satunya tersajinya big data yang terintegrasi,” terang Gus Ipul.

Dalam acara ini juga turut dihadiri oleh Tim Pendampingan Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Rudiyanto, Kepala Diskominfotik Kota Pasuruan, Kokoh Aire Hidayat dan seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Camat di Kota Pasuruan. (ajo/gus).