Coca cola Amatil Indonesia Gelar Aksi Bersih-bersih Hutan Mangrove

Surabaya (Kabarpas.com) – Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) bekerjasama dengan Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) menggelar aksi bersih-bersih sampah di kawasan hutan mangrove Romokalisari, Pesisir Pantai Utara Surabaya, Senin (02/05/2016).

Aksi bersih-bersih hutan mangrove ini, berawal dari keprihatinan terhadap kondisi kawasan hutan mangrove yang dipenuhi dengan sampah. Padahal, hutan mangrove mempunyai fungsi sebagai benteng untuk melindungi Surabaya dari ancaman abrasi, intrusi air laut, dan penurunan muka tanah. Pada kawasan hutan mangrove ini, juga terdapat beberapa komponen spesies penyusun ekosistem mangrove, diantaranya Sonneratia Alba, Rhizophora Apiculata, Rhizopora Stylosa, Aigeceras, Avicennia marina, Xylocarpus Granatum, dan Avicennia alba.

Teguh Ardi, selaku Ketua KJPL, mengemukakan bahwa gerakan ini selain bertujuan untuk membersihkan kawasan hutan mangrove juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi lingkungan yang memprihatinkan.

”Harapannya dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini masyarakat bisa melihat secara langsung bagaimana akibat ulah manusia, sehingga timbul kesadaran untuk mengurangi sampah dan tidak membuang sampah ke sungai,” tuturnya kepada Kabarpas.com.

Gerakan bersih-bersih yang terlihat sederhana ini, ternyata membawa hasil yang cukup memuaskan. Pada hari itu, partisipan yang berasal dari karyawan CCAI, Anggota KJPL, Nelayan Panturbaya, LKMK Romokalisari, Dinas Pertanian, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, BLH Kota Surabaya, Mahasiswa Unair, UIN, serta komunitas lingkungan lainnya, berhasil mengumpulkan 50 karung sampah atau sekitar 2500 kg sampah yang didominasi oleh sampah plastik.

Sementara itu, Benyamin H Sihotang, selaku General Manager Coca-Cola Amatil Indonesia mengemukakan, kalau pihaknya berusaha menjalankan bisnisnya dengan cara yang melindungi dan melestarikan lingkungan sekitar.

“Kami mengajak karyawan dan melibatkan masyarakat untuk berkontribusi nyata di hari ini. DI CCAI kami selalu berupaya untuk menjalankan bisnis dengan cara-cara yang melindungi dan melestarikan lingkungan serta menumbuhkan itikad baik bersama komunitas di manapun kami beroperasi”, pungkasnya. (put/tin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *