Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Otomotif · 18 Des 2023 17:57 WIB ·

#Cari_aman Berkendara Saat Liburan Akhir Tahun di Trawas


#Cari_aman Berkendara Saat Liburan Akhir Tahun di Trawas Perbesar

Sidoarjo, Kabarpas.com – Musim liburan telah tiba, namun sebelum berlibur, jangan lupa memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat jika akan berlibur menggunakan sepeda motor. Bepergian ke tempat wisata menggunakan sepeda motor sangat mengasyikan sehingga banyak para biker yang suka melakukannya seperti di daerah Trawas Mojokerto yang banyak tempat wisata alam yang patut dikunjungi saat liburan apalagi berkendara bersama dengan teman.

Untuk itu, berikut tips #cari_aman yang bisa diterapkan saat berkendara ke tempat wisata.

Pertama-tama, siapkan kondisi fisik. Berkendara sepeda motor ke tempat yang jauh membutuhkan fisik yang prima sehingga para bikers perlu menjaga tubuh agar sehat. Jangan begadang sebelum touring karena tubuh membutuhkan waktu tidur dan istirahat yang cukup sebagai persiapan berkendara.

Kedua, gunakan safety gear yang tepat dan bersih. Pakai helm full face, sarung tangan yang menutupi penuh jari dan telapak tangan, serta gunakan jaket dan sepatu yang nyaman. Bawa juga jas hujan model setelan (atasan dan bawahan) untuk mengantisipasi hujan turun.

Ketiga, Kenali obyek wisata. Saat berwisata naik motor, kenali obyek wisata yang akan dikunjungi seperti kondisi sekitar dan lainnya sehingga dapat memprediksi bahaya yang akan terjadi.

Keempat, ketahuilah rute perjalanan yang akan ditempuh dimana informasinya bisa diperoleh melalui berbagai sumber seperti internet, teman yang pernah melakukan touring bermotor ke tempat wisata tersebut, atau penghobi touring lainnya yang memiliki banyak pengalaman menjejalahi obyek wisata.

Kelima, Menguasai motor yang digunakan. Persiapkan kondisi motor agar optimal untuk dibawa berkendara jarak jauh dengan melakukan pengecekan atau servis di bengkel resmi terlebih dahulu.

“Para biker harus memahami dan menguasai motor yang digunakan beserta keunggulan yang dapat menunjang kelancaran perjalanan. Selain itu juga teknik berkendara sangat penting dikuasai. Pastikan beristirahat dengan cukup sebelum memulai perjalanan panjang dan lakukan istirahat singkat setiap dua jam untuk merilekskan otot dan menjaga fokus. Dan tetap #Cari_Aman saat berkendara,”kata Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim. (dit/gus).

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Layar Drama Indonesia Terbaru RCTI, Cinta Berakhir Bahagia Segera Tayang!

1 Maret 2024 - 15:06 WIB

Komisi IV DPRD Trenggalek Gelar Raker Bersama OPD Mitra Bahas Pelaksanaan APBD 2024

1 Maret 2024 - 08:13 WIB

Ini Pesan Pj Bupati Ugas Saat Lantik 14 Pejabat Eselon III

1 Maret 2024 - 08:04 WIB

Caleg PKS Komarudin Ajukan Nota Keberatan Pelaksanaan PSU ke Bawaslu

29 Februari 2024 - 21:15 WIB

Komisi II DPRD Trenggalek Soroti Minimnya Anggaran Belanja Publik

29 Februari 2024 - 21:11 WIB

GMNI Probolinggo Gelar Baksos di Panti Asuhan NU

29 Februari 2024 - 21:06 WIB

Trending di Kabar Probolinggo