Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Otomotif · 19 Apr 2024 15:06 WIB ·

#Cari_Aman Berkendara Saat Arus Balik. Perhatikan Hal Ini


#Cari_Aman Berkendara Saat Arus Balik. Perhatikan Hal Ini Perbesar

Sidoarjo, Kabarpas.com – Puncak arus balik mudik lebaran Idulfitri 2024 diprediksi mulai 16 April 2024. Untuk itu, para bikers yang berencana akan melakukan perjalanan balik mudik harap memperhatikan hal – hal berikut ini agar #Cari_Aman berkendara.

1. Cek kendaraan
Untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara, terutama saat arus balik, para bikers harus mempertimbangkan berbagai faktor. Periksa selalu kendaraan sebelum berpergian, mulai dari lampu motor apakah semuanya hidup dan berfungsi, lalu rem kendaraan apakah masih berfungsi serta bagian ban kendaraan kita. Sebaiknya cek kondisi sepeda motor di bengkel AHASS terdekat. Selain itu juga jangan lupa untuk selalu memakai riding gear lengkap seperti helm, jaket dan bersepatu.

2. Jaga kecepatan dan jarak aman
Ketika berkendara di jalanan dengan kondisi seperti arus balim mudik yang tak kalah ramai saat arus mudik, sebaiknya para bikers menjaga jarak aman dan konsentrasi. Penting juga memperhatikan jaga jarak aman dengan kendaraan di depan untuk menghindari kecelakaan beruntun jika terjadi pengereman mendadak.

Jarak aman berkendara adalah tiga detik atau linier dengan jarak 33 meter dari kendaraan yang ada di depan maju sampai kita memajukan kendaraan. Rentang 0,5 – 1 detik, waktu bagi otak pengendara untuk memperoses perintah pada otot di kaki untuk menginjak pedal rem, 0,5 – 1 detik, sistem mekanik dari fungsi rem hingga akhirnya sistem pengereman bekerja optimal setelah diinjak.

3. Manfaatkan rest area untuk beristirahat
Memaksakan diri untuk terus berkendara dalam keadaan kelelahan dan mengantuk dapat menyebabkan micro-sleep atau tertidur sesaat, yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya. Apabila konsentrasi menyetir sudah terganggu akibat kelelahan, segera beristirahat di rest area terdekat dan manfaatkan waktu untuk tidur sejenak (power nap) selama 30 menit.

4. Batasi barang Bawaan.
Momen balik mudik lebaran pasti menyisakan begitu banyak moment ketika berada di kampung halaman seperti oleh-oleh khas kampung halaman. bawalah bawang secukupnya saja. Kelebihan barang muatan juga dapat membahayakan saat berkendara.

“Keselamatan berkendara harus selalu menjadi perioritas, termasuk memperharikan keamanan dan kenyamanan berkendara agar selalu #Cari_Aman saat berkendara di jalan,” kata Suhari, Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim. (dit/gus).

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Menjaga Tradisi, Memperkuat Keharmonisan: Sinergi Pemerintah dan Perguruan Silat di Blitar

18 Mei 2024 - 06:42 WIB

Mas Dion: PKB Harus Kompak dan Bersatu Menangkan Gus Mujib Jadi Bupati Pasuruan

17 Mei 2024 - 21:01 WIB

Berlaga di Prancis, Delvintor Optimis Suguhkan Performa Positif

17 Mei 2024 - 15:31 WIB

Didapuk Jadi Keynote Speaker Ubaya Innovaction Expo 2024, Begini Kata Ketua Dekranasda Trenggalek

17 Mei 2024 - 13:58 WIB

Malam Ini Lyodra dan Judika Bakal Meriahkan Malam Puncak Obsesi Awards 2024

17 Mei 2024 - 10:48 WIB

Ketua TP PKK Trenggalek Hadiri Peringatan HKG ke-54 di Solo

17 Mei 2024 - 10:37 WIB

Trending di Advertorial