Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Probolinggo · 25 Jun 2024 18:49 WIB ·

305 Lulusan SOTH di Kecamatan Gending Diwisuda


305 Lulusan SOTH di Kecamatan Gending Diwisuda Perbesar

Probolinggo, Kabarpas.com – Sebanyak 305 lulusan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dari 13 desa se-Kecamatan Gending mengikuti prosesi wisuda di GOR Gajah Mada Desa Randupitu Kecamatan Gending.

Ratusan lulusan SOTH ini terdiri dari calon pengantin (catin), ibu balita dan ibu hamil yang sudah mengikuti pembelajaran selama 13 kali materi dengan 13 modul. Mereka dibimbing oleh 3 orang tutor yang merupakan kader di masing-masing desa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plh Bupati Probolinggo Heri Sulistyanto, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin, Camat Gending Widodo Hadi Siswanto dan Forkopimka Gending, Pengurus TP PKK Kabupaten Probolinggo, Ketua TP PKK Kecamatan Gending, Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Gending Sri Handayani serta kepala desa se-Kecamatan Gending.

Dalam kesempatan tersebut, Plh Bupati Heri didampingi Kepala DP3AP2KB Hudan Syarifuddin, Camat Gending Widodo Hadi Siswanto bersama Ketua TP PKK Kecamatan Gending dan kepala desa bersama Ketua TP PKK Desa memimpin prosesi wisuda bagi 3 wisudawan terbaik di masing-masing desa.

Camat Gending Widodo Hadi Siswanto mengungkapkan program SOTH ini sangat berpengaruh besar dalam pola pengasuhan anak-anak di desa. Memang pola pengasuhan di des aitu sangat berbeda dengan di kota. Dimana pola pengasuhan di kota itu sedikit membuka wawasan para ibu-ibu rumah tangga.

“Tetapi yang jelas, pola pengasuhan sekarang ini berbeda dengan pola pengasuhan dahulu. Sekarang pola pengasuhannya banyak mengacu kepada google. Semoga pola pengasuhan SOTH ini mendorong tumbung kembang anak agar cerdas dan berperilaku yang baik,” ujarnya.

Widodo mengharapkan semoga program SOTH ini membawa manfaat bagi masyarakat di desa-desa, khususnya di Kecamatan Gending. Sebab hal ini akan berpengaruh kepada tingkat stunting.

“Sebab ibu-ibu dalam STOH ini diajari beberapa hal terkait pengasuhan anak. Semoga program SOTH ini bisa membawa manfaat demi pembelajaran kepada tetangga dan sekitarnya,” terangnya.

Sementara Plh Bupati Probolinggo Heri Sulistyanto menyampaikan ucapan selamat kepada 305 wisudawan SOTH di wilayah Kecamatan Gending. Keberhasilan ini patut disyukuri dengan harapan dapat menyumbangkan ilmu yang didapat untuk mendidik generasi yang hebat.

“Melalui program SOTH ini, peran orang tua hebat diharapkan membantu menurunkan angka stunting di Kabupaten Probolinggo. Mendidik anak tidak harus dengan kekerasan. Ada banyak sekali cara menjadi orang tua yang cerdas untuk generasi yang hebat pula di masa yang akan datang,” katanya.

Menurut Plh Bupati Heri, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari DP3AP2KB dalam rangka menumbuhkan semangat ibu dan kader dalam rangka mengikuti Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH).

“SOTH merupakan program peningkatan kemampuan orang tua dalam mengasuh agar lebih memahami psikologi anak. Harapannya, dengan SOTH orang tua mampu mendidik anak-anak tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga cerdas secara akhlak,” jelasnya.

Plh Bupati Heri menambahkan orang tua saat ini perlu diberikan bekal dalam mendidik anak karena adanya penurunan nilai perilaku, pergaulan yang semakin terbuka, adanya media-media yang begitu bebas diakses dimana orangtua akan menghadapi badai yang hebat yang tentunya sangat berpengaruh pada anak.

“Dampaknya anak cenderung tidak mempedulikan nasihat orang tua. Pengaruh lingkungan juga memberikan nilai yang luar biasa pada anak, sehingga sudah saatnya orang tua kembali menjadi busur yang mampu mengarahkan anaknya. Untuk menjadi busur yang baik tentunya perlu ada edukasi, salah satunya melalui Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH),” tegasnya.

Prosesi wisuda para lulusan SOTH ini dilanjutkan oleh Camat Gending Widodo Hadi Siswanto bersama Ketua TP PKK Kecamatan Gending dan kepala desa (kades) bersama Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Gending. (len/gus).

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Fatayat NU Jatim Ingatkan Pentingnya Jurnalisme Damai

18 Juli 2024 - 20:17 WIB

Mbah Jon Cabuli 7 Anak di Gudang Kosong

18 Juli 2024 - 19:53 WIB

Tingkatkan Utilisasi JMO, BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Company Visit 

18 Juli 2024 - 12:55 WIB

Bonceng Anak Naik Motor, Perhatikan 5 Hal ini Agar #Cari Aman Saat Berkendara

18 Juli 2024 - 11:55 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Resmi Rilis Laporan Kinerja Tahun 2023, Ini Dia Prestasinya

17 Juli 2024 - 22:49 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Rp 42 Juta untuk Nelayan di Wilayah Kabupaten Pasuruan

17 Juli 2024 - 22:25 WIB

Trending di Kabar Society