Wisuda 434 Mahasiswa, Universitas Yudharta Pasuruan Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan

Pasuruan, Kabarpas.com – Sebagai salah satu kampus terbesar di wilayah Pasuruan. Universitas Yudharta Pasuruan (UYP) kembali mewisuda para mahasiswa yang sudah selesai menempuh pendidikan sarjana baik di jenjang S1 maupun S2.

Pada wisuda yang berlangsung Sabtu (26/10/2019) pagi hingga siang hari tersebut, terdapat sebanyak 434 mahasiswa UYP angkatan tahun akademik 2018/2019 yang diwisuda. Prosesi wisuda ini sendiri berlangsung di dalam Gedung Pancasila UYP, Jalan Yudharta No.7 Sengonagung, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Turut hadir dalam acara ini, di antaranya yaitu Pembina Yayasan Darut Taqwa dan Pengasuh Ponpes Ngalah, Romo KH. M. Sholeh Bahrudin, Penggurus Kemenag Pusat, Dra Nyai Hajjah Faiqoh Mahfud, Koordinator KOPERTAIS IV Surabaya, Dr H Suis, serta sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat.

“Kepada Universitas Yudharta Pasuruan ini, kita sangat berharap bisa membuat
SDM / sarjana-sarjana ini yang bermakna di masyarakat, berinovasi, membangun kreativitas,
bukan meminta tapi memberi, bukan menggantung tetapi berproses menuju kemandirian,” ujar Bu Nyai Hajjah Faiqoh Mahfud saat memberikan sambutan.

“Selamat berwisuda kepada wisudawan-wisudawati. Semoga ilmunya bermanfaat untuk BangsaIndonesia dan kepada penyelenggara pendidikan Universitas Yudharta Pasuruan ini baik tenaga pendidik (para dosen) dan tenaga kependidikan, sesepuh, inisiator selamat berjuang dengan penuh dedikasi untuk menuju pendidikan yang melahirkan SDM yang berkualitas, akhriul kalam,” tambah bu Nyai asal Lasem Jawa Tengah tersebut.

Di sisi lain, ada yang menarik dalam wisuda kali ini. Selain pemberian penghargaan kepada 10 wisudawan terbaik dari 5 fakultas yang ada di UYP. Untuk pertama kalinya, Universitas Yudharta Pasuruan mewisuda mahasiswa dari program S2 untuk Fakultas Pendidikan Agama Islam peminatan Multikultural.

“Total yang diwisuda yaitu ada sebanyak 434. Dengan rincian, 388 wisudawan program Strata 1 (S1) dan 46 wisudawan Magister (S2). Nah, menariknya pada wisuda kali ini kami mewisuda mahasiswa S2 Multikultural, dan ini satu-satunya jurusan yang baru ada di Indonesia,” kata Dr. Kholid Murtadlo, Rektor Universitas Yudharta Pasuruan kepada Kabarpas.com, saat ditemui usai prosesi wisuda.

Pria yang akrab disapa Gus Kholid ini berharap, dengan diwisudanya mahasiswa dari jurusan Multikultural yang baru ada di kampusnya tersebut, diharapkan dapat melahirkan mahasiswa yang benar-benar multikultur. “Melalui jurusan ini diharapkan mahasiswa bisa benar-benar mengerti budaya asli Indonesia dengan segala pernak perniknya,” tegasnya.

Untuk sekadar diketahui, jumlah mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan yang diwisuda setiap tahunya selalu meningkat. Sehingga tak heran bila kampus yang masih berada dalam lingkungan pesantren Ngalah ini selalu meningkatkan mutu pendidikannya. Bahkan, di tahun ini ada beberapa dosen UYP yang telah dikirim ke luar negeri untuk “mengasuh ilmu” S3 di Jepang maupun di negara lainya. (adv).