Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Kampus · 12 Jun 2024 12:23 WIB ·

Wajib Tahu! Tips Jitu Sukses Magang di Perusahaan Besar ala Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya


Wajib Tahu! Tips Jitu Sukses Magang di Perusahaan Besar ala Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya Perbesar

Oleh: Dinda Nur Amalia, Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus Surabaya.

 

Surabaya, Kabarpas.com – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), adalah inovasi di bidang pendidikan yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang lebih siap kerja dan memiliki keahlian yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini.

UNTAG Surabaya, salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Timur yang mengadakan program MBKM dengan beragam kategori, salah satunya adalah MBKM Magang Inisiasi Prodi. Jurusan Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman langsung di dunia industri. Salah satu mitra program ini adalah PT Kencana Maju Bersama, sebuah perusahaan manufaktur distribusi baja ringan dan komponennya dengan lebih dari 45 cabang di seluruh Indonesia.

Dinda Nur Amalia, Mahasiswi S1 Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya, yang tengah menjalani kegiatan magang di PT Kencana Maju Bersama sejak 5 Februari hingga 14 Juni 2024 mendatang membagikan beberapa tips jitunya selama pelaksanaan magang ini. Pada kesempatan kali ini, ia tergabung dalam tim internship batch 5.

Selama magang, Dinda terlibat dalam divisi marketing support sebagai manajemen event, CSR, dan sponsor. Setiap harinya, ia berkoordinasi dengan tim untuk merencanakan dan menjalankan berbagai event serta mengembangkan program CSR perusahaan. Tak hanya itu, kesehariannya ia juga menjalankan kegiatan copywriting, seperti membuat naskah press release, membuat brief content plan sosial media LinkedIn @PT Kencana Maju Bersama, dan membuat konten video branding di sosial media TikTok @kencana.indonesia.

Pada momen berharga baginya di tanggal 6-7 Juni, PT Kencana Maju Bersama mengadakan peluncuran produk baru. Dalam acara ini, Dinda berperan sebagai Liaison Officer (LO) Media, penyusun press release, dan perancang konten LinkedIn. Tugasnya mencakup koordinasi dengan media untuk memastikan liputan optimal, menyusun dan mendistribusikan press release, serta merancang konten untuk meningkatkan visibilitas dan engagement di LinkedIn.

Pengalaman ini memperkaya keterampilan profesional Dinda dan memperluas jaringan relasinya. Program MBKM ini membuktikan bahwa pembelajaran di luar kampus sangat penting dalam mengembangkan keterampilan dan kesiapan kerja mahasiswa. PT Kencana Maju Bersama, telah memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam situasi nyata, sehingga mereka dapat lebih siap menghadapi tantangan profesional di masa depan dengan bimbingan, pengalaman dan ilmu yang diberikan oleh mentor dan para pegawai yang profesional.

“Beberapa tips yang mungkin bisa Aku bagikan ini semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman yang ingin merambah ke dunia kerja entah korporat atau agensi media bahkan bisnis sekaligus. Tips yang pertama, pelajari ilmu adaptasi, kedua jangan malu bertanya dan usahakan aktif, ketiga harus bisa memecahkan solusi dengan ngga egois, keempat harus jadi pribadi yang kreatif dengan perbanyak literasi, dan terakhir yang paling penting beretika,” ujar Dinda, Mahasiswa Magang MBKM Prodi Ilmu Komunikasi di PT. Kencana Maju Bersama. (***).

Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Dewan Pertimbangan MUI Kabupaten Pasuruan Ajak Ormas Islam Serukan Bahaya Judi Online

24 Juli 2024 - 18:50 WIB

Gus Ipul Ajak Kepala Sekolah hingga Orang Tua Deklarasi Sekolah Aman 

24 Juli 2024 - 12:41 WIB

MPM Honda Jatim Kenalkan #cari_aman Pada Guru PG TK 

24 Juli 2024 - 11:38 WIB

Diperta Probolinggo Gelar Bimtek Peningkatan Kualitas Bahan Baku Tembakau Melalui GHP

24 Juli 2024 - 08:29 WIB

Peringati HAN, RSUD Waluyo Jati Berikan Penyuluhan dan Pola Asuh Anak

23 Juli 2024 - 21:16 WIB

Dua Komplotan Maling Spesialis Mobil Pikap di Pasuruan Ditangkap

23 Juli 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita Pasuruan