Tahun Ini, Baznas Kabupaten Probolinggo Targetkan Zakat Rp 2 M

Probolinggo (Kabarpas.com) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo, menargetkan pada tahun 2016 ini perolehan zakat di wilayahnya bisa mencapai Rp 2 miliar. Jumat, (29/01/2016) siang.

“Di tahun 2016 ini, kami menargetkan perolehan zakat bisa mencapai Rp 2 miliar. Dengan rincian Rp 1 miliar dana infaq, dan Rp 1 miliar-nya lagi yaitu dana shadaqah,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H. Ahmad Muzammil, saat ditemui di sela-sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Baznas Kabupaten Probolinggo, di lantai dasar Gedung Islamic Center (GIC) Kota Kraksaan.

Menurut Muzammil, selama tahun 2015 lalu perolehan dana Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) mencapai Rp 1.073.665.986, dengan rincian zakat sebesar Rp 247.626.718 dan infaq/shadaqah sebesar Rp 826.039.268. Padahal di awal tahun targetnya masing-masing sebesar Rp 1 milyar. “Kalau saja target tersebut terealisasi, maka akan semakin banyak masyarakat yang bisa dibantu,” imbuhnya.

Ke depan Muzammil berharap agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah setempat ada semangat baru dalam menunaikan ZIS kepada Baznas Kabupaten Probolinggo. Begitu juga dengan wajib zakat di semua tingkatan untuk lebih giat memenuhi kewajibannya sebagai seorang Islam.

“Kalau pembayaran dilakukan dengan baik, maka kemiskinan bisa ditangani dengan baik. Sehingga pola program pemerintah untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari faktor kemiskinan bisa terwujud. Sebab hasil pengumpulan ZIS ini ternyata sangat membantu dalam mengurangi angka kemiskinan,” terangnya.

Selain itu, Muzammil mengungkapkan, digelarnya rakerda yang diikuti oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), UPZ Pertanian dan pengurus Baznas Kabupaten Probolinggo ini, bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program organisasi tahun 2015, terutama penerimaan dan penyaluran dana ZIS. “Selain itu rakerda ini juga untuk menyusun program kerja di tahun 2016,” pungkasnya. (dzi/tin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *