Puluhan Ekor Paus Terdampar di Pesisir Probolinggo

Probolinggo (Kabarpas.com) – Diduga akibat terdampak cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari terakhir. Membuat puluhan ekor ikan paus terdampar di perairan Probolinggo, tepatnya di Desa Pesisir, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

Informasi yang dihimpun Kabarpas.com menyebutkan, sejumlah nelayan setempat baru mengetahui adanya puluhan paus yang terdampar tersebut, yaitu pada Rabu (15/06/2016) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

“Siang tadi saya mendapat kabar dari nelayan, kalau ada sekitar 25 ekor paus yang terdampar,” kata Kepala Desa (Kades) Pesisir, Sanemo kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi.

Dijelaskan, sejatinya puluhan paus itu sudah kembali ke tengah. Namun, ada satu ekor paus yang tertinggal. Sehingga paus yang lainnya pun ikut mendadak kembali ke tepian. “Karena air lautnya masih surut, sehingga makin banyak paus yang tersangkut,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Probolinggo, Dedi Isfandi melalui Kabid Pengelolaan Sumberdaya Kelautan, Wahid mengatakan bahwa kedatangan paus di wilayahnya tersebut, diperkirakan karena perubahan suhu laut. Sehingga mamalia laut ini bergerak mencari perairan yang lebih dingin. Namun, karena suatu kondisi yang tak memungkinkan, akhirnya terdampar.

“Kami sudah melakukan berbagai upaya agar puluhan paus itu bisa kembali ke tengah laut. Dan kami sudah menghubungi Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Cabang Denpasar di Surabaya, guna penanganan selanjutnya,” pungkasnya. (sam/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *