Polisi Patroli Keliling di Lautan Pasir Gunung Bromo

Probolinggo (Kabarpas.com) – Satuan Sabhara Polres Probolinggo dan sejumlah anggota Polsek Sukapura, melakukan patroli keliling di sekitar kaldera atau lautan pasir Gunung Bromo. Patroli ini sengaja dilakukan mengingat aktivitas Gunung Bromo hingga saat ini terus menunjukkan geliat aktifitasnya, meski terkadang fluktuatif.

Selain berpatroli, petugas juga terus memberikan himbauan kepada warga, pelaku wisata seperti ojek, penyewa kuda dan pengunjung Bromo. Hal itu mengingat, material vulkanik yang bersuhu panas, sehingga sangat membahayakan jiwa pengunjung.

Kasat Sabhara Polres Probolinggo, AKP Istono mengatakan, bahwa setiap kali berpatroli, pihaknya menerjunkan 90 personil yang di fokuskan disekitar jalan menuju kawah,  upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi  terjadinya korban jiwa seperti tahun 2004 lalu.

“Kami akan selalu melakukan patroli di tempat ini, agar warga dan pengunjung tidak naik ke kawah, dengan radius 1 kilometer. Patroli ini akan kami hentikan sampai ada intruksi dari pos pantau bahwa aktivitas Gunung Bromo aman,” kata AKP Istono. Sabtu, (28/11/2015).

Upaya yang dilakukan pihak kepolisian ini sependapat dengan Pusat Vulkanologi Metigasi dan Bencana Geologi atau PVMBG Gunung Bromo, yang sama-sama tetap kekeh melarang pengunjung untuk naik ke kawah Gunung Bromo.

Namun, upaya yang dilakukan kedua pihak tersebut, bertolak belakang dengan apa yang disampaikan oleh pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Di mana sehari sebelumnya, pihak TNBTS menyatakan bahwa aktivitas Gunung Bromo stabil dan memperbolehkan pengunjung Gunung Bromo untuk naik ke kawah. (har/abu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *