Polisi dan Dinas Pendidikan Probolinggo Kompak Larang Konvoi Kelulusan

Probolinggo (Kabarpas.com) – Satlantas Polres Probolinggo dan Dinas Pendidikan (Dispendik) setempat, kompak melarang keras para pelajar SMA dan sederajat, yang akan menggelar perayaan kelulusannya dengan acara konvoi bersama, pada Sabtu (07/05/2016) besok.

Kapolres Probolinggo, AKBP Iwan Setyawsan melalui Kasatlantas AKP Bambang menegaskan, kalau pihaknya dengan keras melarang perayaan kelulusan dengan menggelar konvoi bersama. Terutama konvoi hingga ke jalan raya protokol. Sebab, itu sangat membahayakan dan mengganggu bagi pengguna jalan lainnya.

“Kalau konvoinya tertib, kami tidak akan melarang atau menindak. Masalahnya, konvoi itu biasanya identik dengan knalpot protolan, tidak pakai helm dan ugal-ugalan,” katanya kepada Kabarpas.com, Jumat (06/05/2016).

Dijelaskan, antisipasi dan pencegahan terjadinya konvoi oleh siswa yang merayakan kelulusan, telah dilakukan pihaknya. Diantaranya yaitu mulai himbauan ke sekolah-sekolah, sampai melayangkan surat kepada Dispendik, untuk memperhatikan cara pengumuman serta perayaan kelulusan siswa SMA nantinya. Dengan harapan ikut serta dalam pencegahan dan antisipasi konvoi.

“Kami akan berusaha untuk bertindak preventif. Tetapi, di saat mereka konvoi berada di jalan raya dan ugal-ugalan. Tentunya akan langsung kami tindak dengan surat tilang. Sebab, nanti tiap persimpangan akan ada petugas yang menjaga, supaya mereka tidak sampai konvoi di jalan raya,” tegasnya.

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo mengatakan, himbauan larangan konvoi dan pesta minuman keras (miras) atau lainnya, telah diserukan pihaknya pada semua lembaga pendidikan di tingkat SMA/SMK. Termasuk, himbauan teknis pengumuman kelulusan yang perlu dilakukan di sekolah.

“Untuk mencegah terjadinya eforia kelulusan yang berlebihan. Yaitu pertama, pengumuman kelulusan akan disampaikan langsung ke rumah siswa masing-masing yaitu melalui surat atau mengumpulkan wali murid untuk menerima pengumuman kelulusan tersebut,” pungkasnya. (sam/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *