Perpanjang SIM Wajib Dilakukan Sebelum Masa Berlaku Habis

Probolinggo (Kabarpas.com) – Bagi para pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlaku kartunya akan habis. Disarankan untuk segera melakukan perpanjangan. Pasalnya, apabila telat dalam melakukan perpanjangan SIM, maka harus daftar ulang.

“Berdasarkan perkap No. 09 tahun 2012, tentang sim. Serta surat telegram Kapolda nomor ST/869/IV/2016, tanggal 25 April 2016, tentang masa berlaku SIM dalam Proses mekanisme Perpanjangan SIM disebutkan, SIM yang sudah habis masa berlakunya dinyatakan tidak berlaku lagi,” kata Kanit Reg Ident (KRI) Satlantas Polres Probolinggo, IPTU Sugeng Kepada Kabarpas.com, Senin (09/05/2016).

KRI menegaskan bahwa SIM tersebut masih dapat digunakan kembali, yaitu dengan melaksanakan proses penerbitan sim baru.
“Saya menghimbau kepada para pemilik SIM yang masa berlaku kartunya akan habis, agar segera melakukan perpanjangan sebelum kadaluwarsa. Karena kalau lewat dari masa aktifnya. Maka Perpanjangan SIM tidak bisa dilakukan alias harus daftar ulang,” terangnya kepada Kabarpas.com.

KRI menambahkan bahwa sebelum aturan baru ini diterapkan, pihaknya sudah terlebih dulu melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk di berbagai titik.

“Aturan tersebut telah diterapkan di Satlantas Polres Probolinggo sejak 2 Mei 2016 lalu. Untuk itu saya berharap, apabila masyarakat Probolinggo ingin melakukan perpanjangan masa berlaku SIM, supaya melakukan perpanjangan sebelum masa aktif SIM habis,” pungkasnya. (sam/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *