Peringati Harlah ke-61, PMII Pasuruan Persembahkan “Kado Istimewa” dari Webinar hingga Peluncuran Buku

Pasuruan, Kabarpas.com – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke-61, Pengurus Cabang PMII Pasuruan gelar Diskusi Virtual “Melacak Sejarah Lahir PMII Pasuruan” pada Sabtu, (17/4/2021) besok, pukul 15.00 Wib melalui siaran langsung di channel YouTube PC PMII Pasuruan.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh 6 Tokoh Pendiri PC PMII Pasuruan. Di antaranya yaitu; 1. KH. Drs. Achmad Ridlwan Cholil, M.Pd.I (Alumni PMII UIN Surabaya), 2. KH. Dr. Kharisudin Aqib, M.Ag (Alumni PMII UIN Surabaya), 3. KH. Sukandar Hidayat (Alumni PMII UIN Surabaya), 4. H. Drs. Muslim Mustajab (Ketua PC PMII Surabaya 1989-1990), 5. Drs. Sudarto (Ketua PC PMII Pasuruan pertama 1990-1993), 6. M. Yusuf Suyuti (Ketua PC PMII Pasuruan 1993-1996).

Muhammad Ainul Yaqin Ketua Umum PC PMII Pasuruan mengatakan, berdasarkan cerita sejarah yang ia ketahui bahwa awal berdirinya PMII di Pasuruan adalah dipromotori oleh kader-kader PMII IAIN Sunan Ampel Surabaya (sekarang menjadi UIN Sunan Ampel Surabaya) bersama 9 Mahasiswa dari kampus Universitas Islam Pasuruan (UNIP) sekarang menjadi STAI Salahuddin Pasuruan dan Sekolah Tinggi Agama Islam Pancawahana Bangil (STAIPANA) yakni: 1. Moh. Mundzir, 2. Nour Ach. Nasich, 3. M. Yusuf Suyuti, 4. M. Afan Dandi Adenan, 5. M. Romli, 6. Sudarto, 7. M. Ghufron, 8. Anis Marwiyah, 9. Erni Wijayanti Muawanah.

“Beliau 9 orang tadi adalah Kader pertama PMII di Pasuruan yang ikut Latihan Kader Dasar di Rayon Fakultas Adab PMII IAIN Surabaya. Kemudian beliau-beliau itulah yang menyebarkan benih-benih PMII ke berbagai kampus di Pasuruan antara lain UNIP, STAIPANA Bangil, STKIP PGRI Pasuruan, dll,” ujarnya.

Selain itu, pria yang akrab disapa Mas Yaqin ini juga menuturkan bahwa kegiatan tersebut selain untuk memperingati Harlah PMII ke 61 juga sebagai refleksi sejarah dan rencana peluncuran sebuah buku tentang Napak Tilas 30 Tahun PMII Pasuruan.

“Ini adalah momen memperingati Harlah PMII ke 61 tahun. Kita memperingatinya dengan merefleksikan Sejarah PMII di Pasuruan dan nanti akan kami tulis menjadi sebuah buku Napak Tilas 30 tahun PMII Pasuruan,” terang pria yang juga Wakil Sekretaris LTN PCNU Kota Pasuruan tersebut.

Adapun selain agenda Diskusi Virtual bincang Sejarah peringatan Harlah PMII ke 61 ini, juga akan dilangsungkan pembacaan Do’a Yasin dan Tahlil bersama Pengurus Cabang Ikatan Keluarga Alumni PMII Pasuruan. (ci/gus).